BondowosoDaerahJawa Timur

Lucu, Tidak Punya Lahan Di PTPN XII, Warga Ijen Bondowoso Demo

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Aksi demo yang dikomandoi H. Nawawi dan dikorlapi Agus dinilai lucu. Pasalnya mereka tidak termasuk warga yang memang berkebun di lahan PTPN XII.

Menurut Hery Suciyoko, Manajer Java Coffee Estate KSO Kopi Rayon Blawan dan Kalisat Jampit, pihaknya telah melakukan mediasi sudah 6 kali.

“Mediasi sebelumnya, antara petani kebun dengan PTPN XII telah clear. Terakhir mediasi dilakukan di Kantor Kecamatan Ijen. Saat itu H. Nawawi tidak usul. Ditawarkan mengusulkan pendapatnya oleh Muspika tidak dimanfaatkan,” kata Hery, sapaannya, Jum’at, 20/10.

Demo hari ini, lanjutnya, juga tidak ada ijin dari pihak berwajib. Alat berat kita di lokasi lancar beroperasi. Sesuai kesepakatan awal, areal pengganti juga dekat dengan lokasi.

Ditambahkan, kemarin sudah di survey oleh Ketua DPRD H. Ahmad Dhofir. Tidak ada lahan di Ijen berstatus Hak Milik Pribadi. Seluruh lahan berstatus HGU, milik negara, kata Pak Dhofir.

Warga yang menjadi perwakilan ketika Ketua DPRD melakukan survey, tidak ada yang mempunyai areal di lahan tersebut. Mereka mempunyai lokasi yang tidak diprogram untuk tanaman kopi.

“Sebelum program replanting kopi dilaksanakan, kami sudah melakukan koordinasi dengan lintas sektor. Termasuk dengan Forpimda dan DPRD,” tambah Hery.

Alat berat kami, lanjutnya, yang mencabut pohon kopi yang akan direplanting aman di lokasi. Petaninya sudah dipamiti sebelum kita kerjakan. Dan replanting dilakukan setelah panen. Baru kita kerjakan, tidak ada hambatan. Di lahan tersebut ada tanaman lamtoro. Itu bekas tanaman sebelum ditanam kopi.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button