Daerah

Masuk Nominasi Daerah Terbaik Kategori Ketepatan Alokasi Pendidikan, Walikota Paparkan Berbagai Inovasi Kota Pendekar By : Pewartamadiun On September 24, 2020

BeritaNasional.ID, Kota Madiun  – Kinerja dan efektivitas pengelolaan APBD Pemerintah Kota Madiun dapat apresiasi dari perusahaan KATADATA.co.id. Hal itu ditandai dengan masuknya Kota Pendekar sebagai nominasi daerah terbaik kategori ketepatan alokasi pendidikan kelompok 1 dalam indeks kelola tahun 2020.

Penganugerahan tersebut terbagi ke dalam tiga tahapan seleksi. Tahap pertama yakni, penilaian administratif yang mencakup hasil audit atas pengelolaan APBD harus mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK. Kedua, penilaian kuantitatif yang mengacu pada ketepatan alokasi anggaran sesuai kebutuhan pembangunan dan mengacu pada besaran dampak penggunaan anggaran terhadap hasil pembangunan.

 Ketiga yakni penilaian kualitatif yang mencakup kebijakan atau inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam mendorong pembangunan di daerah masing-masing. Tahap ketiga ini seperti yang terlihat pada Kamis (24/9). Dalam kesempatan tersebut, Walikota Maidi menyampaikan paparan beragam inovasi dalam bidang pendidikan, di hadapan para tim penilai yang dilakukan secara virtual.

“Semua perubahan yang ada saat ini pasti berasal dari ilmu pengetahuan. Maka dari itu kita buat visi misi madiun pintar dengan di dalamnya ada 13 program. Diantaranya beasiswa bagi tenaga kependidikan dan memberikan bantuan laptop atau notebook dan seragam gratis kepada siswa SD dan SMP di Kota Madiun,” jelasnya.

Pendidikan, lanjut walikota, menjadi prioritas utama yang harus terus diupayakan kemajuannya. Disamping itu yang tak boleh ditinggalkan adalah bidang kesehatan. Kedua bidang tersebut harus berjalan seirama agar tercipta masyarakat yang sejahtera.

 “Prinsip pendidikan dan kesehatan yang kita dahulukan. Saya ingin indikator seperti apa yang dibutuhkan silahkan disampaikan, akan saya tindak lanjuti. Sebagai bahan pembelajaran,” tutupnya (Is)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button