BondowosoDaerahJawa TimurPendidikan

Musim Wisuda, Kadisdik Bondowoso Himbau Laksanakan Secara Sederhana

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Bondowoso, Dr. Drs. H. Sugiono Eksantoso, M.M., mengingatkan kepada seluruh sekolah agar menggelar prosesi perpisahan atau wisuda siswa secara sederhana.

Hal itu dia sampaikan menanggapi isu wali murid yang merasa keberatan prosesi wisuda yang telalu mewah. “Saya sudah menyarankan agar pihak sekolah melaksanakan kegiatan wisuda secara sederhana,” ungkap pak Gik-sapaannya, Rabu (14/06/2023).

Misalnya dengan mengadakan tasyakuran di lingkungan sekolah. Menurutnya, acara yang terlalu mewah bukanlah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh sekolah. Pasalnya setelah lulus, siswa akan kembali melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

“Namun ketika kami ingatkan, Kepala Sekolah (KS) lembaga tersebut mengatakan, acara tersebut sudah mendapat izin dari paguyuban yang dibentuk di tiap-tiap sekolah,” imbuhnya.

Jadi, lanjutnya, jika kegiatan wisuda sudah mendapat izin dari paguyuban, pihaknya sebagai Kadisdik tidak bisa melarangnya. “Menurut laporan dari KS, wisuda untuk memeriahkan acara putra-putrinya.

Tapi kembali saya himbau dan ingatkan, selama acara tidak memberatkan, silahkan dilaksanakan. Dengan catatan jangan sampai memaksa wali murid untuk memenuhi anggaran yang besar.

Ditambahkan, melaksanakan kegiatan yang membuat keluhan dari wali murid kami larang. “Sebenarnya tidak boleh, kalau kegiatan tersebut dikeluhkan wali murid. Kami melarang pihak sekolah untuk melaksanakan kegiatan kalau menjadi beban wali murid,” tegas Kadisdik. (Zainul Muhaimin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button