DaerahJawa TimurRagam

Pada Tahun 2022, Ribuan Perceraian Terjadi di Pengadilan Agama Bondowoso

Bondowoso Jawa Timur, BeritaNasional.id-Sepanjang tahun 2022, Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Bondowoso mencatat 3.114 perkara yang masuk ke pengadilan dan sebanyak 1.923 perkara adalah kasus perceraian, Minggu (29/1/2023).

Pengajuan cerai yang dilakukan oleh para istri umurnya masih diangka 30 tahunan. Ada 3 penyebab, mereka mengajukan cerai. Pertama, perselisihan dalam rumah tangga yang tidak menemukan jalan keluar. Kemudian, faktor ekonomi dan terakhir pergi tanpa pamit yang dilakukan suami maupun istri.

“Sekitar 76% atau sebanyak 1.397 kasus perceraian diajukan oleh para isteri. Sisanya, sebanyak 526 perkara yang mengajukan para suami. Yang menyebabkan para terjadinya perceraian, ada 3 faktor yang saya jelaskan diatas,” keta Panitera Muda Gugatan PA Bondowoso Tri Anita.

Lebih lanjut, Tri Anita menjelaskan bahwa, umur yang mengajukan cerai rata-rata sekitar 30 tahunan. Dari fakta persidangan di Pengadilan Agama sepanjang tahun 2022, rata-rata pasangan suami bercerai. “Penyebab lain perceraian yang diajukan pasangan suami istri tersebut, yakni berselisih paham dan tidak menemukan jalan keluar. “Jumlahnya 822 perkara, 774 perkara disebabkan oleh kondisi ekonomi, dan 87 perkara disebabkan oleh meninggalkan satu pihak,” ujar Tri Anita.

Sisanya perkara yang lain, sambung Tri Anita, disebabkan oleh perjudian, perzinahan dan kekerasan dalam rumah tangga. “Ribuan Pasangan Suami Isteri (Pasutri) melakukan gugat perceraian, karena sudah tidak menemukan jalan kedamaian. Informasi ini dipublish, agar menjadi pelajaran bagi para suami. Bahwa pimpinan rumah tangga itu mempunyai tanggung jawab terhadap anggota keluarganya. Jangan egois dan hanya mau menang sendiri,” saran Tri Anita.

Tak hanya itu yang disampaikan Tri Anita, namun dia menghimbau kepada seluruh pasangan suami istri jika ada konflik dengan keluarga sebaiknya diselesaikan secara kekeluargaan. Dan upayakan jangan berahir dengan gugatan perceraian ke Pengadilan Agama Bondowoso.

Pewarta           :Samsul Arifin

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button