NasionalRagamSitubondo

Parade Sapi Juara Warnai Kontes Ternak 2024 di Kabupaten Situbondo

BeritaNasional.id, SITUBONDO JATIM – Parade sapi dan Domba warnai gelaran penutupan kontes ternak yang digelar Pemkab Situbondo melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan). Rabu (29’05/2024).
Event Kontes Ternak Situbondo tersebut berlangsung selama tiga hari, dimulai tamggal 27 – 29 Mei 2024 bertempat di lapangan Batalyon 514 Kotakan. Diikuti oleh peternak di 17 Kecamatan di Situbondo dengan 143 ekor sapi dan 26 domba Sapudi.

Kepala Disnakan Kabupaten Situbondo, Achmad Djunaidi menyampaikan bahwa event tersebut digelar untuk memicu semangat para peternak di Kabupaten Situbondo dalam menciptakan calon bibit ternak berkualitas serta meningkatkan nilai jual bibit ternak.

“Kontes ternak ini adalah kesekian kalinya di gelar di Kabupayen Situbondo, sempat vacum karena covid18, namun setelah covid19 Kabupaten Situbondo lah yang pertama kali menggelar kontes ternak di Jawa Timur,’ jelas Djunaidi.

Dalam kontes ternak 2024, ada delapan kategori yang diperebutkan untuk sapi dalam event kontes ternak Situbondo. Yaitu kategori ekstrem, calon kereman hasil IB, induk hasil IB, induk PO Brahman, calon induk hasil IB. Kemudian, calon induk hasil PO Brahman, pedet betina hasil IB, dan pedet betina hasil PO. Sedangkan untuk domba Sapudi ada dua kategori yakni domba Sapudi jantan dan domba betina.

“Ada lima orang juri dalam kontes tahun ini, Satu orang dari BBIB Singosari, dua orang dari akademisi, satu orang ekspert sapi potong dan satu orang dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dan total hadiah dalam kontes ini sebesar Rp116 jura,” terangnya.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, kontes ternak tahun 2024 bertemakan “Kebangkitan Sektor Peternakan sebagai Ujung Tombak Ketahanan Pangan menuju Situbondo Berjaya” bertujuan meningkatkan motivasi seluruh peternak yang ada di kabupaten Situbondo.

:Ini salah satu upaya agar Kabupaten Situbondo benar-benar bisa menjadi lumbung daging sapi di republik ini. Sehingga kualitas peternakan Situbondo harus mampu menjadi yang terbaik. Dan daging-daging yang dihasilkan menjadi daging-daging yang terbaik di Indonesia,” tandas Bupati Karna Suswandi.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button