DaerahJawa TimurOlahragaRagamSitubondo

Pasir Putih Water Sport Situbondo Laik Dijadikan Arena Panjat Tebing Pada Ajang Porprov Jatim

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Keterangan yang disampaikan Ketua Umum Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jawa Timur Danu Iswara menjelaskan bahwa, venue cabang olahraga panjat tebing di Pasir Putih Water Sport, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, laik dan repsentatif digunakan untuk ajang Porprov Jatim yang akan diselenggarakan pada pertengahan bulan Juli 2022 mendatang, Jumat (4/2/2022).

Lokasi venue cabor panjat tebing yang dibangun di tepi pantai oleh PT Jasalindo ini, sambung Danu Iswara, laik digunakan. “Mengenai keamanan dan kenyamanannya, yang lebih mengetahui PT Jasalindo,” jelas Ketua Umum Pengprov FPTI Jawa Timur Danu Iswara di sela supervisi venue panjat tebing di Kabupaten Situbondo.

Venue cabor panjat tebing yang dibangun di tepi pantai ini, imbuh Danu Iswara, dinilai sudah memenuhi standar nasional. “Venue ini akan dipatenkan sebagai venue cabang olahraga panjat tebing, bukan hanya di ajang porprov saja, tap pada ajang tingkat nasional maupun internasional,” tuturnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Danu Iswara, namun dia menjelaskan bahwa venue panjat tebing yang memenuhi standar nasional ini, dinding panjat lead berukuran lebar 4 meter x tinggi 15 meter, dinding panjat boulder berukuran lebar 16 meter x tinggi 4 meter, dan dinding panjat speed berukuran lebar 6 meter x tinggi 15 meter.

“Nantinya lapangan panjat tebing ini akan membentuk leter L. Panjat tebing border akan menghadap ke timur, dan lead serta speed menghadap ke selatan, dengan memperhatikan kedudukan matahari dan angin. Kalau sarananya memenuhi standar nasional, maka bisa digunakan sebagai venue cabor FPTI, bukan hanya tingkat provinsi, namun bisa digunakan untuk tingkat nasional,” terang Danu Iswara.

Sekedar informasi, tiga cabang olahraga yang akan bertanding di Pasir Putih Water Sport nanti, antara lain voli pantai, renang di perairan terbuka (OWS) dan panjat tebing. (heru)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button