Daerah

Tinjau Pelkes Di Sukamade, Dinkes Jatim Apresiasi Support PT BSI

Kesadaran Masyarakat Akan Keselamatan dan Kesehatan Perlu Ditingkatkan

BeritaNasional.ID,

BANYUWANGI – Pelayanan Kesehatan (Pelkes) di wilayah terpencil Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, di Kabupaten Banyuwangi ujung selatan, mendapat kunjungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur, Jumat (5/4/19). Turut mendampingi juga, jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), tenaga medis dari empat Puskesmas, PKK, serta Bidang Pendidikan dan Kesehatan dari PT Bumi Suksesindo (BSI).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Provinsi Jawa Timur drg. Fitria Dewi MSi mengatakan, akses menuju Dusun Sukamade sangat berat. Dia pun membanggakan ada petugas kesehatan di wilayah ini. “Saya mengapresiasi ada tenaga kesehatan yang (mau) bertempat tinggal di Sukamade ini,” ungkapnya usai menyaksikan sendiri wilayah yang dikenal dengan hewan penyu nya ini.

Selain petugas kesehatan, di Sukamade juga ada klinik milik perkebunan. Kemudian ada polindes dan juga posyandu yang sudah lama melayani masyarakat sekitar. Hampir semua pelayanan kesehatan sudah di lakukan secara optimal. Apalagi komunikasi warga dengan puskesmas sudah cukup bagus. “Kami lihat secara langsung yang dilakukan puskesmas sudah sesuai standar ketika melayani ibu hamil dan kesehatan,” imbuhnya.

Namun Fitria mengakui masih banyak hal yang harus ditingkatkan. Misalnya, peningkatan kesadaran masyarakat akan keselamatan dan kesehatan. “Karena akses jalan sangat sulit, kami harap ibu hamil mau turun minimal sebulan sebelum kelahiran,” imbaunya.

Sebenarnya, lanjut Fitria, puskesmas sudah menyediakan rumah tunggu kelahiran untuk ibu hamil dan tidak dipungut biaya apa pun. Sebab, pemerintah sudah menanggung biaya operasional melalui KIS dan Jampersal. Selain itu, Fitri mengharap sumbangsih semua pihak untuk turut membantu peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

“Kami berterima kasih kepada PT BSI dan semua pihak yang turut melancarkan kegiatan ini,” pungkasnya. (Alif HW)

Caption : Rombongan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur saat berkunjung di wilayah Sukomade

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button