DaerahEks Keresidenan Madiun

Pelestarian dan Aktualisasi Budaya, Disparbud Magetan Gelar Ketoprak

BeritaNasional.ID, Magetan – Dalam rangka pelestarian dan aktualisasi budaya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan (Disparbud) menggelar pagelaran Ketoprak Seniman Magetan dari sanggar seni Paradipta. Jumat (6/11/2020).

Pagelaran Ketoprak Seniman Magetan dalam Lakon Joko Kanduru, digelar di Gedung Tripandita Magetan dan Bupati Suprawoto didapuk sebagai Resi di Kerajaan Kediri.

“Ini dalam rangka pelestarian budaya. Di era pandemi kita tidak boleh tidak produktif, tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan, salah satunya dengan pagelaran Ketoprak secara virtual. Harapan kedepan ketoprak seni budaya di era digital tetap bisa menjadi budaya yang adiluhung, yang bisa ditransformasikan kepada khalayak terutama anak-anak muda ” terang Bupati Suprawoto.⁣

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan, Joko Trihono menyampaikan, ini adalah salah satu wujud apresiasi Bupati kepada para seniman Magetan.

“Alhamdulillah, Ini adalah sebagai salah satu wujud apresiasi dari bapak bupati yang main ketoprak pada malam hari ini, yang walaupun cukup mendadak namun beliau tampil dengan baik, dan juga disambut baik oleh rekan-rekan seniman.” Ungkapnya.

“Semoga ini menjadi atmosfer yang baik bagi seluruh seniman Magetan dan juga para penggiat seni, seperti yang dikatakan bapak Bupati, kita berharap pada masa pandemi ini tetap harus produktif artinya nanti ke depannya harus makin aktif pada para seniman ini untuk memberikan sebuah kreasi-kreasi seni yang ada.” Pungkasnya. (ik/is).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button