HeadlineSulawesi

Pemda Buteng Lagi Membuka Pendaftaran Bantuan Pendidikan, Begini Syaratnya

 

BeritaNasional.ID, BUTON TENGAH – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Kepala bagian Kesejahteraan masyarakat (Kabag Kesra) kembali buka pendaftaran bantuan pendidikan atau dikenal dengan beasiswa cerdas SamaTau (Samahuddin-La Ntau).

Program ini diperuntukan bagi mahasiswa yang berasal dari Buton Tengah (Buteng), dimana dalam bantuan tersebut terbagi atas 2 bantuan yakni, bantuan pendidikan prestasi dan bantuan pendidikan tidak mampu yang berprestasi.

Tal hanya itu, bantuan ini sudah menjadi agenda tahunan pemerintah kabupaten Buton Tengah (Buteng) melalui dinas Pendidikan pada tahun 2019 silam yang bersumber dari APBD.

Kabag Kesra, Ahmad Nasmuddin, mengatakan kalau pendaftaran mulai bantuan pendidikan mulai dibuka sejak 31 Januari hingga 14 Februari 2022.

Syaratnya pun tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Yang mana bantuan di prioritaskan bagi mahasiswa aktif berbagai jurusan dengan standar akreditasi jurusan minimal B.

“Sementara untuk IPK minimal 3,35 untuk semua jurusan,” kata Kabag Kesra, Ahmad Nasmuddin saat dikonfirmasi oleh sejumlah media, Senin (31/01/2022).

Bagi putra putri Buteng yang berminat, lanjut Nasmuddin, bisa langsung membawa berkas yang diminta ke kantor sekretariat daerah.

“Kita sudah sebarkan informasi melalui grup WA Cerdas SamaTau dan media sosial lainnya. Untuk lebih jelas silakan datang langsung dikantor Bupati Buteng bagian Kabag Kesra,” lanjutnya.

“Bagi pelamar yang berada diluar daerah dapat mengirimkan berkas melalui kantor Pos atau jasa pengiriman dengan alamat kantor Bupati Buteng bagian Kesra Sekda Buteng, Japan Gersamata No 5 Lakudo, Kecamatan Lakudo, dengan kode Pos 93763,” tambahnya.

Ia mengatakan, pendaftaran bantuan pendidikan untuk tahun 2022 dibuka lebih awal. Sebab, anggaran sudah dapat dicairkan pada triwulan pertama awal Maret 2022.

“Jadi pendaftaran Beasiswa Samatau hanya 14 hari waktu pelaksanaanya. Setelah itu akan diseleksi berkas pendaftaran oleh tim panitia yaitu Kabag Kesra, asisten 1, Sekda, Kabag Hukum, Dinas PK, Bappeda, BKAD dan Dinas Sosial. Nantinya nama-nama yang lulus sesuai kriteria persyaratan, maka akan dicairkan beasiswa awal bulan Maret ini” katanya.

Olehnya itu Ia berharap agar seluruh mahasiswa asal Buton Tengah (Buteng) dapat berpartisipasi dalam program pemerintah daerah tersebut.

Adapun syarat dan ketentuan bantuan pendidikan atau beasiswa cerdas SamaTau yang wajib dipenuhi berkas pelamar.
1. KTP dan KK (Domisili Buteng)
2. Mahasiswa aktif dengan menunjukan kartu mahasiswa disertai keterangan dari Perguruan Tinggi (PT).
3. Telah mengikuti PT (Semester 3).
4. Menunjukan KHS semester ganjil tahun 2021/2022 dengan IP 3,35.
5. Surat pernyataan dari PT bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga atau pihak lain.
6. Mahasiswa PT dengan program studi akreditasi B.
7. Surat Keterangan (SK) kades/lurah yang menerangkan dari keluarga tidak mampu.
8. SK dari Dinas Sosial Buteng bahwa telah terdaftar dalam Basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
9. Melampirkan buku rekening Bank Sultra atas nama pemilik (Win).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button