DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Pemkab Situbondo dan Perum Bulog Gelar Operasi Pasar di Area Car Free Day

SITUBONDO – Untuk menstabilkan harga sembilan bahan pokok, Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo bekerjasama dengan Perum Bulog Bondowoso menggelar operasi pasar di area Car Free Day (CFD) Jl PB Sudirman Situbondo, Minggu (12/2/2023).

Hal ini dilaksanakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo dan Perum Bulog Bondowoso terhadap masyarakat. Sebab, dalam operasi pasar ini, masyarakat bisa membeli gula, beras dan minyak goreng dan telor dengan harga lebih murah jika dibandingkan dengan harga pasar saat ini.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi dalam sambutannya mengatakan, operasi pasar ini dilaksanakan sudah dilaksanakan di halaman Kelurahan Mimbaan, Alun-Alun Besuki dan sekarang dilaksanakan di area Car Free Day. “Operasi pasar kita lakukan untuk mengendalikan inflasi agar daya beli masyarakat tetap stabil,”jelas Bupati Situbondo yang akrab di sapa Bung Karna.

Lebih lanjut, Bung Karna menerangkan bahwa, operasi pasar yang dilaksanakan area Car Free Day ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo dan Perum Bulog Bondowoso menyediakan beras medium sebanyak 2 ton yang di jaul Rp.43.000 per lima kilo gramnya, telor disediakan sebanyak 1 kwintal di jual dengan harag Rp.20.000 per kilo gramnya, Gula Maniskita di jual perkilonya Rp. 13.000, tepung di jual dengan harga Rp.12.000 per kilo gramnya dan menyak goreng kemasan Sovia di jual harga 16.500 per liternya.

“Untuk mengendalikan harga sembilan bahan pokok yang mulai mengalami kenaikan dampak dari inflasi ini, maka Pemkab Situbondo dan Perum Bulog Bondowoso selama tujuh hari melaksanakan operasi pasar di wilayah kecamatan yang berdekatan dengan pasar. Oleh karena itu, momentum ini agar dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” kata Bung Karna dihadapan masyarakat yang membeli beras, telor, gula dan tepung di stand operasi pasar di Car Free Day.

Harga beras yang sebelumnya Rp 11 ribu per kilo gramnya, sambung Bung Karna, kini naik menjadi Rp 12 ribu per kilogram. “Di operasi pasar ini beras medium yang dikemas 5 kilogram di jual dengan harga Rp. 43.500 atau per kilogramnya dijual Rp. 8.700. Bagi masyarakat yang membeli beras pada operasi pasar ini dibatasi hanya boleh membeli paling banyak 10 kilo gram per orang,” pungkas Bupati Karna.

Sementara itu, Darti salah seorang pembeli yang mengunjungi stand operasi pasar mengatakan bahwa, operasi pasar yang dilaksanakan Pemkab Situbondo dan Perum Bulog Bondowoso sangat membantu. Sebab, harganya terjangkau karena saat ini harga dipasaran sudah mulai naik.

Sekedar informasi, hadir dalam operasi pasar tersebut antara lain Wabup Situbondo, Sekda Situbondo, Kapolres Situbondo, beberapa orang kepala OPD Pemkab Situbondo serta pihak terkait lainnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button