DaerahJawa TimurPemerintahanReligiSitubondo

Pemkab Situbondo Gelar Gema Takbir Idul Adha 1445 H

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab Situbondo menggelar Gema Takbir Idul Adha 1445 Hijriyah, Minggu (16/06/2024).

Gema takbir yang berlangsung di depan pendopo Aryo Situbondo ini, dihadiri Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi MM, Wakil Bupati Situbondo Hj. Khoirani, Sekda Situbondo Wawan Setiawan, Forum Kordinasi Pimpinan Kepala Daerah, Ketua MUI Situbondo Habib Muhammad Bin Abubakar Al Muhdhor.

Selanjutnya, KH. Jais Badri Masduqi, Wakil Ketua Forum Kiai se Tapalkuda, KH. Abdul Hadi Khozim Pengasuh Ponpes Tahasinul Akhlaq Kalibagor, KH. Zaini Ridwan Ketua Dewan Masjid Situbondo, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Situbondo, para Kabag, Camat dan tamu undangan lainnya.

Laporan ketua panitia penyelenggara Gema Takbir Idul Adha 1445 H, Wawan Setiawan mengatakan bahwa, mementum Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah merupakan salah satu perayaan keagamaan Umat Islam yang setiap tahunnya dirayakan oleh masyarakat yang beragama Islam.

“Sesuai dengan Visi Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo dalam mewujudkan masyarakat yang berakhlak, sejahtera, adil dan berjaya serta membangun masyarakat Kabupaten Situbondo beriman dalam beragamaan, maka Pemkab Situbondo pada peringatan Idul Adha 1445 H memaksimalkan kegiatan Idul Adha dari tahun-tahun sebelumnya.

Lebih lanjut, Sekda Wawan dalam laporannya mengatakan, dengan dilaksanakannya Gema Takbir Idul Adha dan penyembilihan hewan qurban di 17 kecamatan merupakan wujud nyata hadirnya Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo di tengah-tengah masyarakat.

“Rangkaian kegiatan Hari Raya Idul Adha 1445 H ini, diawali dengan Rukyatul Hilal awal Dzulhijjah 1445 H yang dilaksanakan di Pelabuhan Kalbut, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Gema Takbir Idul Adha serta penyembilihan hewan qurban di pondok-pondok pesantren dan masjid-masjid di 17 kecamatan wilayah Kabupaten Situbondo,” pungkas Sekda Wawan.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo setiap tahun rutin melaksanakan Gema Takbir Idul Adha bersama Forkopimda, Kepala OPD Pemkab Situbondo, tokoh agama, para habaib, para kiai, ketua organisasi keagamaan Islam dan masyarakat.

“Perayaan Hari Raya Idul Adha dirayakan setiap tahun oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Dan bertepat dengan Idul Adha, seluruh umat Islam di penjuru dunia sedang menunaikan ibadah haji dan melaksanakan wukuf di Arafah. Merka menggunakan pakaian serba putih. Hal tersebut melambangkan persamaan kaidah,” tutur Bupati Karna dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Bupati Karna menjelaskan, bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan ibadah haji, maka mereka diberikan kesempatan untuk melakukan qurban sebagai wujud ketaqwaan terhadap Allah SWT. “Mari kita bersama-sama mendoakan jemaah haji asal Kabupaten Situbondo agar selalu diberikan kesehatan, kemudahan dan kelancaran dalam menunaikan ibadah haji, sehingga bisa menjalankan ibadah-ibadah sunah lainnya,” ujarnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Bupati Situbondo dalam sambutannya, namun dia mengajak kepada semua umat muslim Situbondo untuk mengenang kembali ketaqwaan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT. Sebab, ibadah kurban yang selalu dilaksanakan pada hari raya Idul Adha mempunyai kisah dan sejarah yang tidak bisa dilepaskan dari sosok Nabi Ibrahim AS dan anaknya Nabi Ismail AS.

“Sebagai rasul yang diutus oleh Allah SWT, Nabi Ibrahim AS rela dan mengiklaskan putra tercintanya Nabi Ismail AS untuk disembelih sebagai qurban. Namun, berkat ketaqwaannya kepada Allah SWT dan keiklasannya, maka datang keajiban dari Allah SWT, sehingga Nabi Ismail AS selamat dari kematian. Saat itulah Allah SWT menurunkan firmanya sekaligus menjawab berbagai pertanyaan Nabi Ibrahim AS,” kata Bupati Situbondo mengkisahkan ketaqwaannya Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT.

Dihari yang bersejarah ini, Bupati Karna mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Situbondo untuk terus meningkatkan rasa syukur dan taqwa kepada Allah SWT agar selalu mendapat barokah serta ampunanNya. “Pada momentum Idul Adha ini, mari kita bersama-sama meningkatkan syukur dan taqwa kepada Allah SWT,” pungkasnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button