AdvedtorialGorontalo

Penjagub Gorontalo: Kontrak DAK Jangan Melewati Maret 2024

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, menegaskan agar program kegiatan yang anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), penandatanganan kontraknya jangan melewati Maret 2024. Program kegiatan DAK tahun anggaran 2024 yang akan melalui proses tender sebanyak 10 paket.

“Saya sudah beberapa kali beritahu kontraknya DAK jangan melewati Maret, karena kalau tender itu lama waktunya. Sekarang sudah bulan Februari, Saya tidak mau DAK tahun ini penyerapan berdasarkan kontrak itu terlalu jauh dari pagu, kita tidak bisa optimalisasi,” tegas Ismail saat memimpin rapat evaluasi proses dan percepatan pengadaan barang dan jasa pemerintah tahun anggaran 2024 di Ruangan Dulohupa Gubernuran Gorontalo, Jumat (2/2/2024).

Program kegiatan DAK tahun 2024 di antaranya pembangunan gedung rawat inap Rumah Sakit Hasri Ainun Habibie dan rehabilitasi jaringan irigasi Huloduopitango. Ada pula paket pekerjaan untuk UPTD PP Tenda dan Gentuma, PPI Tilamuta, serta sertifikasi benih pertanian.

“Saya kejar itu optimalisasinya. Kalau kontraktornya menawar satu persen, saya tidak pusing. Tapi kalau turunnya 15 hingga 20 persen, itu kan sangat besar. 15 persen dari Rp100 miliar berarti ada Rp15 miliar yang tidak boleh kita manfaatkan hanya gara-gara kita lambat. Itu uang untuk rakyat, bukan buat gubernur atau bapak ibu sekalian,” kata Ismail.

Sementara itu berdasarkan laporan Kepala Biro Pengadaan Barang Jasa, Sultan Kalupe, total pagu pengadaan untuk tahun anggaran 2024 sebesar Rp676.740.589.607 dengan total Rencana Umum Pengadaan (RUP) sebanyak 5.394 paket. Dari jumlah tersebut yang sudah diumumkan hingga 2 Februari 2024 sebesar Rp663.055.965.137 atau mencapai 97,98 persen. Adapun metode pengadaan barang jasa dilakukan melalui e-Purchasing atau katalog, tender, pengadaan langsung, serta metode dikecualikan dan swakelola.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button