AdvedtorialJawa TimurProbolinggo

Penutupan Semipro Dimeriahkan Bintang Tamu Evi Tamala dan Grand Final Pemilihan Duta Wisata Kang dan Yuk Kota Probolinggo

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGOJATIM -Gelaran Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro) tahun 2023 resmi ditutup Sabtu malam (14/7/23). Acara penutupan ini sekaligus grand final pemilihan duta wisata kang dan yuk Kota Probolinggo.

Selama seminggu penuh, mulai dari tanggal 8 Juli sampai dengan 14 Juli pelaksaanaan Semipro berjalan dengan baik.40 stand yang ada di Probolinggo jaman biyen terisi penuh, dan menarik minat pengunjung. Sebanyak 53 peserta ikut serta dalam festival makanan khas. Antusiasme masyarakat juga terlihat dalam kegiatan karapan sapi brujul dan karapan kambing.

Kegiatan- kegiatan budaya seperti ini hilang tergerus kemajuan zaman,” kata Wali Kota Probolinggo Habib Hadi.

Habib, selain kegiatan yang menampilkan budaya lokal, Semipro juga menghadirkan kesenian yang digandrungi masyarakat khysusnya generasi kawula muda seperti parade band, tampilan seni pelajar sebagai wadah kreatifitas pelajar dan mengembangkan bakat yang dimiliki.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi menjelaskan, ada 135 UMKM yang terlibat, 280 PKL yang diberi kesempatan berjualan, ada 40 stan diarea Probolinggo jaman biyen dan 12 stan mainan.

Jika seluruh stan tersebut di rata-rata mengunakan rumus diperoleh angka omzet, di 280 stan PKL mencapai Rp.6.48000, di 135 stan UMKM mencapai Rp.1.300000, di 40 stan Probolinggo jaman biyen mencapai Rp.6.00000, di stan mainan Rp.3.600000, sehingga ditemukan angka total rata-rata selama 7 hari omzet seluruh stan di Semipro kurang lebih 3 miliar rupiah,” jelas Wali Kota Habib

Wali Kota berpesan, untuk penyelenggara kedepan, bahwa penyelenggara Semipro harus lebih baik dan mampu memberikan dampak yang berlipatganda bagi perekonomian masyarakat.

Upaya -upaya yang harus dilakukan adalah mengevaluasi berbagai kegiatan yang ditampilkan dalam kegiatan Semipro sebelumnya.Tujuannya adalah agar tampilan Semipro dari tahun ke tahun semakin menarik antusiasme wisatawan untuk berkunjung ke Kota Probolinggo.

Kegiatan Semipro, harus mampu mengemas berbagai perlombaan dengan level yang lebih tinggi, sehingga sangat perlu direncanakan dan dipersiapkan sejak awal agar penyelenggaraanya semakin baik dan berkualitas,” tegasnya

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Probolinggo Kota, Dandim 0820, dan unsur Forkopimda lainnya.

Acara Semipro turut mengundang bintang tamu penyanyi dangdut senior Evi Tamala seolah menjadi meriah.

Pewarta: Yuli (ADV)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button