BatubaraSosial

Peringatan HLUN di Batu Bara, Pemerintah Ciptakan Komunitas Lanjut Usia Yang Mandiri

BeritaNasional.ID, BATU BARA, SUMUT – Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Sosial PPPA menyelenggaraan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2023. Kegiatan ini diikuti sebanyak 100 orang lansia se-Kabupaten Batu Bara yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Sosial di Desa Perupuk Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Selasa (06/06/2023).

Peringatan hari lanjut usia nasional ini dibuka oleh Bupati Batu Bara melalui Asisten I Rusian Heri. Ia menyebutkan menjadi tua memang kepastian, tetapi menjadi berdaya guna di usia senja adalah sebuah pilihan yang terbaik.

“Perlu saya sampaikan, terkait dengan urusan kesejahteraan, Pemerintah berupaya mewujudkan salah satu cita-cita pembangunan yaitu terciptanya komunitas lanjut usia yang sehat, berdaya dan sejahtera. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah memerlukan dukungan dari berbagai stakeholder termasuk praktisi dan institusi keagamaan,” sebut Asisten.

Lansia sebenarnya dapat berdaya sebagai subyek dalam pembangunan di berbagai sektor. Didalam lingkungan keluarga dan di lingkungan masyarakat dapat berperan sebagai agen perubahan dalam mewujudkan keluarga sehat dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki.

Bertambahnya usia bukan berarti tidak berdaya. WHO telah mencetuskan konsep active aging sebagai proses optimalisasi kesempatan kesehatan, partisipasi, dan keamanan untuk meningkatkan kualitas hidup seiring bertambahnya usia.

“Artinya, kita perlu menciptakan lingkungan yang memungkinkan seseorang terus aktif dan sehat secara optimal baik fisik, sosial maupun psikologis dalam kehidupan sehari-hari sampai usia berapapun
dalam tradisi timur,” sebut Asisten lagi.

Orang tua yang telah berusia lanjut merupakan sumber nasihat dan restu, sehingga harus dihormati dan mendapatkan kebahagiaan, terutama dalam lingkungan keluarga.

Oleh sebab itu pada penyelenggaraan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Kabupaten Batu Bara tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Batu Bara bekerjasama dengan Kementerian Sosial melalui Sentra ‘Bahagia’ akan memberikan bantuan kepada lansia yang hadir pada hari ini.

Momentum hari lansia nasional ini
dapat di maknai bersama sebagai
bendera start untuk melindungi dan memenuhi hak lansia.

Untuk itu, Pemkab Batu Bara mengajak semu pihak untuk mengoptimalkan potensi lansia, dan memandang lansia sebagai salah satu aset bagi kemajuan bangsa. Lansia yang sehat harus didampingi agar tetap terjaga kesehatannya dan mampu mandiri selama mungkin.

Bupati Zahir melalui Asisten mengucapkan terima kasihnya kepada pihak Kementerian Sosial melalui sentra bahagia yang telah memberikan atensinya kepada Pemerintah Kabupaten Batu Bara, untuk bekerja sama dalam kegiatan ini, dan diharapkan kegiatan yang senada akan terus terjalin dan lebih ditingkatkan lagi di masa mendatang. (Fitrah)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button