Kalimantan Barat

Polres Sekadau Menggelar Apel Satkamling

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Kepolisian Resor Sekadau menggelar Apel Satkamling (Satuan Keamanan Lingkungan) Tahun 2023, yang dilaksanakan di Mako Polres Sekadau, Rabu (21/6/2023) pagi.

Apel dipimpin Kapolres Sekadau yang diwakili Wakapolres, dihadiri para PJU, Danramil Sekadau Hulu, Kades Rawak Hulu dan Kades Sungai Ayak Dua. Peserta apel terdiri dari anggota Polres Sekadau, Bhabinkamtibmas serta awak Poskamling.

Wakapolres Sekadau Kompol Hoerrudin membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, apel yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling.

“Kehadiran Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa,” ucap Wakapolres.

Selain itu, Polri juga telah menerbitkan Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa sebagai landasan hukum dan penegasan tugas serta tanggung jawab dalam penyelenggaraan kegiatan Satkamling.

Lanjutnya, Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

Sebagaimana kutipan dari penyair asal Amerika Serikat bernama Ralph Waldo Emerson bahwa “The most powerful security system is the one you build within yourself.” (Sistem keamanan yang paling kuat adalah sistem yang anda bangun di dalam dirimu sendiri).

Saat ini, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, terlebih menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

“Saya berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama,” tutup Wakapolres membacakan amanat Kapolri.

Dalam apel tersebut, Wakapolres menyerahkan piagam piala dan penghargaan kepada pemenang lomba Satkamling di tingkat Polres Sekadau dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke -77 tahun 2023.  (Aji)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button