Bulukumba

Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Dirasah Islamiyah Darul Mukhlasin Butuh Uluran Tangan Pemerintah

BeritaNasional.ID, Bulukumba – Salah satu Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Dirasah Islamiyah Darul Mukhlasin yang terletak di Dusun Balampesoang, Desa Balampesoang, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba butuh uluran tangan pemerintah.

Menurut salah satu penanggung jawab Pondok Pesantren Darul Mukhlasin, Ahmad Saad, keberadaan Pondok Pesantren Darul Mukhlasin yang mulai dirintis pada tahun 2017 hingga saat ini dilakukan atas keinginan dan kemauan mertua dan saudara iparnya.

Selanjutnya, ia mengatakan bahwa Pondok Pesantren dibangun di atas lahan milik H. Mappiwali yang sekaligus pemilik Yayasan Darul Mukhlasin yang beralamat di Jl. Manggis Dusun Balangpesoang, Desa Balampesoang, Kecamatan Bulukumpa.

“Perjalanan pembangunan Pondok Pesantren Darul Mukhlasin sejak berdiri 2017 dan mulai dibangun pondok Asrama sekaligus tempat belajar yang berukuran 5×15 meter, bagunan Musalah darurat yang berukuran 6×4 meter, ditambah rumah Ustadz yang berukuran 6×5 meter ketiga bangunan yang masih bersipat sementara dibangun dengan seadanya saja,” katanya.

Kata Ahmad, meskipun terlihat masih kumuh, namun dirinya tetap berusaha bagaimana pun caranya, yang penting anak-anak santri bisa tetap belajar walaupun masih serba kekurangan.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Yayasan Darul Mukhlasin, Nur Rahmat, bahwa untuk saat ini dirinya masih melakukan pembenahan dengan membangun Masjid yang berukuran 10×10 meter persegi, mengingat perkembangan dan banyaknya anak-anak santri yang tinggal di dalam asrama.

Berdasarkan hasil pantauan Beritanasinal.ID tercatat 65 santri di Yayasan Darul Mukhlasin, 34 sebagai  santri tetap, 31 santri lokal, dan ada 25 santri yang tercatat tinggal menetap di dalam Asrama.

Beberapa santri yang berasal dari luar kabupaten, termasuk dua (2) santri dari Kepulauan Selayar, lima (5) santri dari Kabupaten Jeneponto, dua (2) santri dari kabupaten Sinjai, dua (2) santri dari Kabupaten Barru dan selebihnya berasal dari Kabupaten Bulukumba sendiri.

Harapan Pemilik yayasan dan juga pengurus Yayasan Darul Mukhlasin diselah-selah perbincangan bersama dengan Herman Sahir selaku kepala Desa Balampesoang yang juga hadir bersama dengan beberapa tokoh masyarakat,tokoh Agama,dan pemuda,serta diramaikan dengan beberapa anak santri yang ikut melihat pekerjaan didepan pondok asrama Darul Mukhlasin dengan menggunakan alat berat.

Pemilik Yayasan Darul Mukhlasin H.Mappiwali bersama dengan Ketua Pengurus Yayasan sangat berterima kasih kepada Kepala Desa Balampesoang yang telah membuka perintisan dan pelebaran jalan sekaligus membantu meratakan tanah depan pondok asrama Yayasan Darul Mukhlasin.

“Semoga pemerintah daerah dan juga pemerintah provinsi bisa menyalurkan bantuannya untuk pembangunan baru,” harapnya. (Andi Bur)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button