Metro

Rasio Luas Daerah Irigasi Kewenangan Kabupaten Bone Bolango Baru Mencapai 43,83 Persen

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO — Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli mengakui bahwa rasio luas daerah irigasi kewenangan Kabupaten Bone Bolango hingga saat ini baru mencapai 43,83%. Dimana dari target luas daerah irigasi kewenangan kabupaten yang dilayani oleh jaringan irigasi yang dibangun 596,43 hektar, realisasinya baru mencapai 316 hektar. Hal ini diutarakan Merlan pada pelantikan Komisi Irigasi Kabupaten Bone Bolango tahun 2024, di Gedung Bonebol Business Center (BBC) di Kecamatan Kabila, Selasa (25/6/2024).

Merlan mengungkapkan penyebab masalah rendahnya kinerja rasio luas daerah irigasi, karena terbatasnya kegiatan pembangunan infrastruktur kerakyatan maupun padat karya tunai dan program operasi, pemeliharaan, optimalisasi dan rehabilitasi di Kabupaten Bone Bolango.

“Upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango adalah dengan peningkatan Indeks Kinerja Jaringan Sistem Irigasi (IKSI) kewenangan kabupaten serta mendorong penyusunan sistem data base irigasi yang terpadu dan terintegrasi serta Pengelolaan Aset dan Kinerja Sistem Irigasi (Paksi),” ungkap Merlan.

Oleh karena itu, lanjut dia, untuk mewujudkan kemanfaatan air bidang pertanian, maka perlu menjamin daya guna air irigasi, produktivitas sistem jaringan irigasi dan pola pengembangan tata guna air serta kesepaduan pengelolaan sistem irigasi.

“Maka sesuai ketentuan pasal 12 ayat (i) Peraturan Pemerintah Nomor 20 tahun 2006 tentang irigasi, perlu dibentuk Komisi Irigasi Kabupaten yang ditetapkan dengan keputusan Bupati Bone Bolango tentang Komisi Irigasi Kabupaten Bone Bolango tahun 2024,” sambungnya.

Sebelumnya, Bupati mengatakan peningkatan Indeks Kinerja Sistem Irigasi (IKSI) kewenangan kabupaten diupayakan dengan memprioritaskan program pembangunan infrastruktur kerakyatan/padat karya tunai dan program operasi, pemeliharaan, optimalisasi dan rehabilitasi di Kabupaten Bone Bolango. Dimana sasaran strategis Dinas PUPRPR Kabupaten Bone Bolango adalah meningkatnya jumlah kualitas daerah irigasi Kabupaten Bone Bolango.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor : 14/PRT/M/2015 Data Kondisi Irigasi Kabupaten Bone Bolango mempunyai luas area 721 hektar tersebar di 9 Daerah Irigasi (DI).

”Dan saat ini penambahan 6 Daerah Irigasi (DI) sedang diusulkan untuk menjadi Peraturan Menteri,” imbuhnya.

(Rls/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button