Opini

Rudy Salahuddin dan Olahraga Sepak Takraw di Gorontalo

Oleh : Fanly Katili, S.Pd, S.H, M.H. (Sekretaris Ikatan Alumni Fakultas Olahraga dan Kesehatan UNG dan Mantan Dosen Luar Biasa Fakultas Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan UNG)

BeritaNasional.ID – Sebentar lagi Provinsi Gorontalo akan menjadi atensi nasional bahkan dunia internasional. Hal ini setelah Pj Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin mampu meyakinkan Menpora RI Dito untuk menjadikan Gorontalo sebagai Training Center dan Pembinaan Olahraga Takraw.

Mimpi besar ini merupakan harapan besar seluruh rakyat Gorontalo. Tidak hanya para atlit dan pelatih serta para pencinta sepak takraw saja, namun secara umum seluruh pelaku olahraga yang ada di daerah serambi madinah. Ini adalah keberkahan dan kemajuan yang sangat luar biasa untuk masa depan olahraga di provinsi Gorontalo. Karena dengan adanya Gorontalo menjadi Pusat Pelatihan dan pembinaan Sepak Takraw Nasional, beberapa manfaat dan perubahan bagi Gorontalo akan sangat dirasakan baik oleh pemerintah maupun masyarakat.

Diantaranya adalah, Gorontalo kelak menjadi atensi khusus dari Pemerintah pusat untuk pembangunan olahraga. Selain itu juga Gorontalo akan menjadi perhatian bahkan sasaran wisata nasional, edukasi bagi daerah – daerah lain di Indonesia bahkan Internasional dengan adanya perkembangan olahraga takraw. Tentunya hal ini akan semakin membuka dan menambah peluang yang sangat besar bagi atlet putra daerah untuk menjadi atlet nasional.

Di sektor lain hal ini dapat lebih menggairahkan kemajuan perputaran ekonomi di provinsi Gorontalo melalui olahraga takraw, diantaranya melalui wisata tugu takraw yang terdapat di desa Luwoo. Bergeliatnya industri olahraga melalui pasaran perlengkapan dan peralatan serta aksesoris sepak takraw serta masih banyak potensi yang bisa diberdayakan guna kemajuan ekonomi kerakyatan.

Geliat ekonomi melalui olahraga secara otomatis akan berdampak positif bagi pendapatan rakyat. Memantik kreatifitas warga masyarakat dalam memasarkan ciri khas daerah kepada semua pengunjung yang datang ke Gorontalo.

Mengawali harapan besar untuk menopang program ini kami berharap perlu adanya percepatan Desain Olahraga Daerah (DOD) untuk Gorontalo, agar olahraga gorontalo memiliki parameter desain untuk kemajuannya. Olehnya kami mendukung Pj Gubernur untuk segera memberikan target kepada team koordinasi untuk segera memfinalisasi lahirnya Perda tentang DOD sebagaimana yg diamanahkan oleh UU Nomor 11 thn 2022 Pasal 13 ayat (2) huruf a tentang kewenangan pemerintah daerah dalam melaksanakan desain olahraga nasional di daerah dengan menetapkan DOD.

Bahkan mendesak pemerintah kabupaten/kota wajib mengikuti kebijakan ini. Karena dengan adanya desaign pembinaan olah raga takraw secara khusus akan semakin mengembangkan potensi bibit – bibit muda olahraga takraw di Gorontalo melalui kejuaraan yang dilaksanakan di Gorontalo, khususnya cabang sepak takraw. Harapannya agar lebih banyak melahirkan regenerasi atlit – atlit potensial masa depan. Hal ini pun diyakini akan mampu menyemangati kompetisi yang sehat bagi cabang olahraga lainnya sehingga kemajuan olahraga di Gorontalo perkembangannya akan semakin pesat.

Jika semua mimpi itu menjadi kenyataan, maka gorontalo layak mengenang serta menjadikan Rudy Salahuddin sebagai Bapak Pembangunan Olahraga Gorontalo. (**)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button