TNI Dan Polri

Sambut Hari Bakti TNI AU ke 73, Lanud Soewondo, Kosek Hanudnas III, Wing III Paskhas dan Yonko 469 Laksanakan Korve Massal Bersama

BeritaNasional.ID Medan – Dalam rangka menyambut Hari Bakti TNI AU ke 73, Personil TNI AU di wilayah Medan melaksanakan kegiatan korve masal di tiga  perkuburan (Makam) sekaligus, yakni Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan Medan, Kuburan Masal Korban Pesawat Hercules serta di pemakaman keluarga TNI AU, Kamis ( 23/7/2020) pagi.

Kegiatan korve  massal ini dilaksanakan  oleh anggota Lanud Soewondo, Kosek Hanudnas III, Wing III Paskhas dan Batalyon 469 Paskhas.

Di taman makam pahlawan Bukit Barisan, salah satu anggota Paskhas yang bernama Serka Umar sembari membersihkan dan memangkas rumput yang tumbuh, sempat bercerita mengenang salah satu rekan mereka, Almarhun Pratu Gunawan Siahaan, salah seorang personel Paskhas BKO 461  yang gugur pada tanggal 19/6/2002 pada saat bertugas pada Gerakan Operasi Militer ( GOM ) dan dikebumikan di Taman makan Pahlawan Bukit Barisan.

“Almarhum ini sebenarnya warga Sumatera Utara yang tinggal di Tanjung Morawa, dia meninggal saat bertugas di daerah Lhokseumawe, saat konflik di Aceh, kejadiannya di simpang tugu Paskhas, kalau sekarang dikenal simpang Sastrad, korban meninggal dunia dengan sejumlah luka tembak bersama beberapa orang anggota TNI lainya”, ucap Serka Umar.

Sementara itu, di pemakaman masal korban jatuhnya pesawat Hercules C-130 A.1310 yang terjadi pada tahun 2016, korve juga dilakukan dengan memangkas rumput liar, dan memotong dahan dan ranting pohon yang mulai rimbun.

Makam massal yang terletak di jalan Adi Sucipto tepatnya bersebrangan dengan Makosekhanudnas III, korban akibat kecelakaan pesawat dikebumikan. Diantara para korban tersebut adalah korban jatuhnya pesawat Fokker F28 Garuda Indonesia yang menabrak gunung Partektekan anak gunung Sibayak pada 11 Juli 1979 dengan korban 62 jiwa. Korban jatuhnya pesawat Garuda Indonesia yang jatuh di daerah Sibolangit kabupaten Deli Serdang pada 26 September 1997 dengan korban 220 jiwa.

Dalam hitungan waktu yang tidak terlalu lama semua area makam nampak bersih dan rapih. Tujuan dari kegiatan ini yaitu, selain dalam rangka menyambut Hari Bakti TNI AU ke-73 juga bertujuan untuk menjaga kebersihan, keindahan, keasrian maupun kenyamanan di sekitar lokasi makam.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button