DaerahJawa TimurPendidikanRagamSitubondo

Sambut Hari Ibu, RSUD dr Abdoer Rahem dan TAPI PKK Situbondo Gelar Talkshow Kesehatan

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ibu ke-94 tahun 2022, Rumah Sakit Umum Daerah Abdoer Rahem bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Situbondo menggelar talkshow yang mengambil tema “Menjaga Kesehatan Reproduksi dan Kebugaran Perempuan, Selasa (20/12/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Pendapa Arya Situbondo ini, di buka oleh Bupati Situbondo Karna Suswandi dan di ikuti ibu-ibu PKK tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten. “Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi tentang kesehatan reproduksi. Utamanya terkait kanker payudara,” jelas direktur Rumah Sakit Umum Abdoer Rahem, dr. Roekmi Prabarini Ario.

Lebih-lebih, sambung dr. Roekmi menjelaskan bahwa, kanker ini merupakan ‘pembunuh’ yang cukup tinggi bahi kaum wanita di seluruh dunia. “Kanker payudara ini bisa diprediksi kemunculan sejak awal. Agar tidak masuk dalam stadium akut, maka pihaknya sengaja memberikan edukasi ini. “Kami harapkan ini bisa bermanfaat bagi ibu-ibu yang menghadiri kegiatan ini,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut. Karena sehat merupakan kunci dari hidup seseorang. “Sehat itu nikmat, karena sehat itu mahal. Maka dari itu, mari kita jaga kondisi kesehatan dengan baik,” ujarnya.

Tak hanya itu saja yang disampaikan bupati yang akrab disapa Bung Karna, namun dia juga menjelaskan bahwa saat ini pemerintah terus berupaya memberikan layanan kesehatan di semua tingkatan jadi lebih baik. “Survai komplin Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dilaksanakan RSU Abdoer Rahem salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan pelayanan kesehatan di rumah sakit,” tuturnya.

Selain itu, sambung Bupati Karna, pemerintah juga meluncurkan program SEHATI (sehat gratis). Dalam layanan sehat gratis ini, pemerintah menganggarkan Rp 10 juta untuk satu pasien. bagi masyarakat miskin.

“Kalau dulu masyarakat yang akan rawat inap di rumah sakit harus membawa surat pernyataan miskin. Kalau sekarang, masyarakat tidak usah membawa surat pernyataan miskin, tapi cukup menunjukkan KTP, sudah mendapat pelayanan kesehatan gratis,” pungkasnya.

Publisher         :Heru Hartanto

Pewarta           :As’ad Zuhadi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button