AsahanDaerah

Sekdakab Asahan Buka Kegiatan Penyelenggaraan Kabupaten Sehat Tahun 2021

BeritaNasional.ID – Kisaran, Sumatera Utara – Kabupaten sehat adalah suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution MSi dalam sambutannya ketika mewakili Bupati dalam kegiatan penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2021 yang berlangsung di aula Melati kantor Bupati setempat, Kamis (16/12/2021).

Dikatakan Sekda, penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) ini didukung oleh peran serta aktif masyarakat serta merupakan wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpartisipasi untuk turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat.

Pada prinsipnya program Kabupaten/Kota Sehat bukan hanya milik sektor kesehatan saja. Tetapi merupakan milik semua instansi yang ada di daerah, yang nantinya dapat mendekatkan program – program pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah kepada masyarakat.

Penyelenggaraan kabupaten/kota sehat adalah berbagai kegiatan untuk mewujudkan kabupaten/kota sehat melalui pemberdayaan masyarakat, melalui forum yang difasilitasi oleh pemerintah kabupaten/kota, papar John Hardi membacakan sambutan Bupati.

Sementara sebelumnya Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr. Hari Sapna MKM dalam laporannya menjelaskan bahwa dengan dilaksanakannya gerakan kabupaten sehat akan memberi dampak pada masyarakat diantaranya membuat masyarakat lebih mandiri, mampu dan mempunyai kesempatan menjadi mitra pemerintah dalam melakukan pembangunan. Masyarakat menjadi ikut bertanggung jawab serta ikut menilai hasil dan manfaat pembangunan tersebut.

Sedangkan tatanan kabupaten/kota sehat dikelompokkan berdasarkan kawasan dan permasalahan khusus yang terdiri dari kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, kawasan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.

Untuk mewujudkan terlaksananya kegiatan kabupaten/kota sehat, diperlukan adanya dukungan dari berbagai pihak baik itu dari tim pembina, tim Forum Kabupaten Sehat kabupaten Asahan, Pokja Kecamatan dan Pokja Desa Sehat, pungkas Hari Sapna menjelaskan.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button