Daerah

Suriyan Penjual Es Cream, Meraup Keuntungan 40 Juta

 

BeritaNasional. ID, Jombang – Di tengah kondisi ekonomi sulit seperti sekarang ini , banyak orang berkeluh kesah dan bingung untuk bisa menghidupi keluarga, berbagai upaya dilakukan agar dapur tetap bisa ngebul agar keluarga tidak terlantar.

Salah satu contoh adalah usaha yang kini sedang digeluti oleh Suriyan ( 60 ) seorang penjual es cream keliling model baru , dikatakan model baru karena Suriyan warga Kecamatan Perak . Kabupaten Jombang . Dalam menjalankan aktifitasnya tidak seperti layaknya penjual es cream seperti yang sering kita jumpai, namun Suriyan punya cara sendiri dan butuh modal yang cukup besar untuk usaha yang mereka jalankan saat ini.

Setidaknya modal Rp. 125 juta yang dibutuhkan sebagai modal awal . Karena Suriyan dalam melakukan usahanya , membutuhkan kendaraan roda tiga , mesin alat pembuat es cream yang langsung jadi dan juga bahan es , contong wadah es, konon yang mahal menurut . Suriyan adalah mesin esnya dan juga Genset sebagai pemasok laliran listriknya. Suriyan bergelot dengan usaha yang dijalin saat ini sudah berjalan hampir 10 tahun , sebelumnya , dia berjualan balon udara di tempat hiburan dan keramaian terutama pada saat bulan Agustus seperti sekarang ini , tapi itu disaat sebelum ada pandemi covid – 19 seperti sekarang ini.

Kepada awak media yang menemuinya di Sebuah warkop di Desa kwaron Selasa (17/08/2021) saat . Suriyan lagi istirahat . Suriyan secara panjang lebar menceriterakan awal usaha yang digelutinya. Diceritakan nya , bahwa ide awal untuk berjualan es cream model baru ini datang dari seorang teman nya asal Kertosono . Kabupaten . Nganjuk. Dari situ hatinya mulai bergerak hatinya untuk memulai usaha barunya . Dengan didasari tekad yang bulat , sebagai modal awal suriyan menjual sawah yang dimilikinya , menjual perhisan isterinya dan memberanikan diri pinjam modal di Bank , sebagai modal awal Rp. 125 . Juta . ” Alhamdulillah setelah usaha berjalan 7 bulan bisa melunasi hutang di Bank ” katanya.

Ditambahkannya ” dulu sebelum ada pandemi covid – 19 , ya seperti bulan sejarang ( bulan Agustus ) dari tanggal 10 Agustus hingga akhir bulan ke Agustus dirinya mengaku bisa menampung Rp. 40 juta , tapi setelah adanya pandemi covid – 19 seperti sekarang ini merosot jauh penghasilan ,” imbuhnya.

Pada waktu . Suriyan berjualan di tempat keramaian seperti . Karnaval , lomba gerak jalan , dan Juga bazar . Sekarang event – event seperti itu tidak ada lagi sejak adanya Pandemi covid – 19 .

Pada saat ditanya awak media tentang penghasilan per hari . Suriyan menjelaskan , bahwa kalau hari – hari biasa dia bisa mengantongi penghasilan Rp. 1, 7 juta , sedang modal per harinya sekitar Rp. 300 ribu sudah termasuk BBM , saat ini dia sudah memiliki 4 armada es cream yang sekarang yang meng operasikan adalah masih dari keluarga sendiri , sedang untuk wilayah operasionalnya sudah terjadwal , masing – masing desa didatangi 2 Minggu sekali , di kabupaten Jombang , hanya . Suriyan saja yang mempunyai usaha seperti ini , sedang untuk wilayah kabupaten Mojokerto dan Sidoarjo sudah ada . ( Mukti Abadi )

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button