Daerah

Tahukah Anda! Mendapatkan Program Layanan Kegawatdaruratan di Sinjai Cukup Hubungi Nomor ini

BeritaNasional.ID, Sinjai – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai memiliki Program layanan Kegawatdaruratan. Dipimpin oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) yang sudah berjalan selama 3 Tahun.

Program layanan Kegawatdaruratan tersebut bernama Public Safety Center (PSC) 119 yang merupakan fasilitas layanan kesehatan (Faskes) yang disiapkan Pemerintah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai.

Bupati ASA menegaskan bahwa, pembangunan kesehatan di Kabupaten Sinjai terus dilakukan. Sebab, Pemerintah daerah komitmen meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Tujuannya untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang sehat, sehingga berdampak pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Sinjai.

Program inovasi pelayanan kesehatan tersebut sebelumnya dilirik Pemkab Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Pemkab Tanah Laut mengapresiasi mekanisme pelayanan Public Safety Center (PSC) 119 sebagai wujud dari visi misi Pemkab Sinjai dalam program Home Care dan Home Visit.

Pasca Launcing tahun 2019 silam, program ini telah melayani 4.211 hingga 2021 dengan rincian tahun 2019 sebanyak 1.690 orang, pada tahun 2020 sebanyak 1.652, sedangkan untuk tahun 2021 pada periode Januari-Juli sebanyak 869 orang.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Dinas Kesehatan Sinjai,
Dr. Syamsul Bahri Akhas, mengungkapkan kasus kegawatdaruratan yang di tangani seperti korban laka lantas dan lain-lain, serta non-trauma (henti jantung, henti napas, dan kejang.

Untuk mendapatkan layanan PSC sangatlah mudah, masyarakat hanya menghubungi nomor telepon yang telah disiapkan di nomor 08114178119, praktis petugas segera meluncur ke tempat kejadian dengan membawa peralatan kedaruratan yang selalu tersedia di mobil operasional PSC 119.

“PSC 119 ini tersebar di sembilan kecamatan, bahkan sampai ke desa-desa. Petugas PSC terdiri dari perawat dan bidan yang sudah terlatih dan memiliki sertifikat pelatihan kegawatdaruratan,” jelasnya. (Alamsyah)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button