Sidrap

Terapkan Protokol Kesehatan, Disdikbud Sidrap Gelar Bintek PAUD-HI

BeritaNasional.ID, Sidrap – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap menggelar Bimtek PAUD-HI yang di selenggarakan oleh  Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non-Formal (PAUD-PNF) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap, Rabu 2 Desember 2020 di Aula Kompleks SKPD Kantor Bupati Sidrap.

Acara dihadiri Bupati Sidrap yang diwakili Staf Ahli, Patahangi Nurdin, Plt Kadisdikbud Sidrap, H. Basra, Ketua Pokja Bunda PAUD Sidrap, Andi Asmi,  serta para Bunda PAUD Kecamatan dan Desa. Turut hadir para Camat, Kepala Puskesmas, Lurah serta Korwas dan Korwil Disdikbud Kecamatan.

Bupati Sidrap dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Patahangi Nurdin mengatakan penyelenggaraan bimtek ini menunjukkan komitmen kuat untuk memajukan PAUD di Kabupaten Sidrap dan menjadi awal upaya strategis membangun generasi penerus yang berkualitas mulai dari usia Dini.

“Saat ini terdapat 236 PAUD di Kabupaten Sidrap, sementara jumlah Desa dan Kelurahan sebanyak 106. Dari angka itu, bisa ditarik asumsi kasar bahwa Kabupaten Sidrap sudah memenuhi program Pemerintah Pusat yakni ‘Satu Desa, Satu PAUD’,” ungkap Patahangi Nurdin.

Hanya saja, kata Patahangi Nurdin, yang menjadi catatan minus adalah masih ada Desa yang tidak memiliki PAUD. Di samping itu, perlu dipastikan lagi bagaimana kondisi dari PAUD yang ada. “Nah, Bunda PAUD-lah yang seyogyanya berperan dan memastikan agar PAUD yang ada di wilayahnya bisa berjalan sebagaimana mestinya,” terang Patahangi Nurdin.

Lanjut Patahangi Nurdin mengatakan kedepan Pemkab Sidrap melalui Gugus Tugas Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif (PAUD-HI) periode 2020-2024 telah memasukkan peran strategis Bunda PAUD guna memaksimalkan peran Bunda PAUD Tingkat Desa/Kelurahan.

“Pemerintah daerah berharap agar Bunda PAUD Kelurahan dan Desa bisa benar-benar memberi perhatian pada keadaan dan kondisi PAUD di wilayah masing-masing,” kunci Patahangi Nurdin.

Sebelumnya, Patahangi Nurdin dalam mengawali sambutan Bupati Sidrap, ia mengajak para peserta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, di mana saat ini di daerah kita masih di selimuti wabah virus Corona atau covid-19.

Untuk itu kita harus tetap lebih waspada, dengan mengikuti imbauan Pemerintah, dan menerapkan pola hidup 3 M yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak, selain kita menghindari tempat kerumunan, ungkap Patahangi Nurdin.

Sementara itu Plt. Kadisdikbud Sidrap, H. Basra mengatakan bahwa tujuan PAUD-HI ini adalah terselenggaranya layanan  PAUD-HI menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan  berakhlak mulia.

“PAUD HI memiliki tiga program kemitraan, yakni pengadaan pengelolaan di satuan, penguatan layanan satuan, dan penanganan  situasi  khusus atau  darurat,” ungkap Basra. (Risal Bakri)

Show More

Related Articles

Back to top button