AcehDaerah

Terkait Dugaan Limbah PKS, Camat Indra Makmu Koordinasi Dengan DLH

BeritaNasional.ID, ACEH TIMUR — Terkait keluhan warga Desa Alue Ie Mirah dan Jamboe Lubok yang resah akibat aliran sungai mereka berubah warna dan bau diduga akibat limbah pabrik kelapa sawit (PKS) PT Bugak Palma Sejahtra (BPS) yang terletak di Desa Jamboe Lubok, Kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

Menanggapi keluhan tersebut, Camat Indra Makmu Elviadi SP akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Aceh Timur.

“kita koordinasi dulu dengan DLH agar dicek pH dan kondisi air” kata Camat Indra Makmu saat di hubungi BeritaNasional.ID, Senin (23/08/2021).

BACA JUGA : Diduga Limbah PKS Indra Makmu, Warga Keluhkan Air Sungai Bau dan Berubah Warna

Sementara itu, Keuchik Desa Alue Ie Mirah H Syahruddin Ab mengatakan, dirinya telah menerima beberapa kali laporan dari warga terkait tercemarnya air sungai tersebut.

“benar, warga juga sudah melapor beberapa kali kepada saya, termasuk laporan dari kepala Dusun Mata U” ujar H Syah.

Menurutnya, terkait keluhan tersebut dirinya telah menyampaikan secara lisan kepada Humas PKS BPS.

Lebih lanjut kata Geuchik Desa Alue Ie Mirah, bila memang terbukti limbah PKS tersebut masuk ke aliran sungai warga, perusahaan harus bertangung jawab.

“karena aliran sungai itu satu satunya sumber air untuk kebutuhan warga sehari hari yang tinggal dekat sungai” ujar H Syah.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button