DaerahJawa Timur

Tim Gabungan Bersih-bersih Saluran Selokan Dua Desa Untuk Antisipasi Banjir

Berita Nasional.ID, Bondowoso Jawa Timur – Personel Satpol-PP dan Damkar Kabupaten Bondowoso bersama BPBD, DLH, Pramuka, Sargabo, Pecinta Alam, Perangkat Desa dan masyarakat bersinergi melaksanakan gotong royong membersihkan saluran air/selokan di Desa Curahpoh dan Desa Penambangan Kecamatan Curahdami, rabu (22/3/23).

Nampak terlihat petugas dari berbagai satuan ini bahu membahu mengangkat lumpur dan material lain yang berada didalam selokan dengan menggunakan alat seadanya guna mengantisipasi banjir saat musim hujan.

Kasatpol PP dan Damkar, Slamet Yantoko, S.Sos, MM mengatakan, kegiatan ini dilakukan karena sudah banyak terlihat tumpukan tanah dan sisa sisa material di selokan. Kondisi ini dikhawatirkan akan terjadi penyumbatan pada selokan yang bisa menyebabkan banjir, apalagi saat ini intensitas terjadinya hujan hampir setiap hari.

“Kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian, bakti Sosial, yaitu membersihkan saluran air/selokan sepanjang kurang lebih 900 meter dengan menggunakan alat seperti cangkul, parang, sapu, gerobak dll,” jelas Slamet, sapaannya.

Slamet mengimbau, agar warga masyarakat waspada dengan perubahan cuaca yang bisa berubah setiap saat, kurangi bepergian yang kurang penting saat cuaca hujan dan jangan lupa tetap jaga kebersihan serta jangan membuang sampah disungai yang bisa mengakibatkan selokan tersumbat dan dapat menyebabkan banjir.

“Selain dapat mengakibatkan banjir, apabila selokan tersumbat juga dapat menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit seperti demam berdarah,“ terangnya.

Dikesempatan yang sama Kepala Desa Curahpoh dan Penambangan Marta mengucapkan terima kasih kepada Satpol PP dan Damkar, BPBD, Pramuka, DLH dan Pecinta Alam yang telah membantu giat baksos bersih-bersih selokan.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini Pemerintah dan masyarkat akan semakin solid dan bersinergi dalam menjaga kebersihan selokan,” ungkap Kepala Desa Penambangan.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button