Ragam

Tekan Stunting dan Kemiskinan Ekstrim, Pemkab Bone Bolango Launching “BARANTANG”

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Berbagai upaya Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dalam menurunkan angka stunting dan angka kemiskinan ekstrim telah dilakukan dalam berbagai program. Kali ini Pemerintah Kabupaten Bone Bolango kembali menggagas sebuah program baru yang diberi nama Bone Bolango Gerakan Sayang Tetangga atau disingkat “BARANTANG” yang di launching langsung oleh Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli yang berlangsung di Center Point Bone Bolango, Minggu (9/4/2023).

“BARANTANG” sendiri sesuai dengan namanya adalah sebuah aksi sosial yang dilakukan oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekda, para Assisten dan Staf Ahli serta setiap Organisasional Perangakat Daerah hingga pejabat administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango berupa pemberian makanan siap konsumsi yang diisi dalam sebuah tempat makanan yang oleh masyarakat Gorontalo disebut “Rantang” kepada kelompok masyarakat yang masuk kategori penderita stunting dan miskin ekstrim.

Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Bone Bolango kepada kelompok masyarakat yang masuk kategori penderita stunting dan miskin ekstrim.

“Ini sebagai bukti bahwa Pemda Bone Bolango hadir ditengah rakyat dan peduli dengan kesusahan yang dirasakan rakyat,”kata Merlan.

Srikandi Bone Bolango ini juga berharap masyarakat penerima bisa menerima pemberian tersebut dengan rasa syukur dan bahagia.

“Kami senang jika masyarakat juga bahagia dan merasakan enaknya makanan tersebut,”tutur Merlan.

Ditempat yang sama, Bupati Bone Bolango Hamim Pou berharap dengan pemberian makanan yang baik dengan gizi seimbang tersebut kesehatan masyarakat lebih terjaga.

“Kami berharap dengan (makanan) yang baik dan bergizi kesehatan masyarakat lebih terjaga,”ujarnya.

Dalam aksi Barantang ini, selain melibatkan Pemerintah Desa, Hamim juga mendorong kepada seluruh para dermawan agar ikut mendermakan sebagian rezekinya untuk masyarakat miskin ekstrim tersebut.

“Saya kira banyak masyarakat kita di Bone Bolango ini yang dermawan. Kami mendorong kepada mereka untuk sama-sama berbagi rezeki dengan masyarakat miskin ekstrim,”pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa pada launching aksi “BARANTANG” baru dihadiri oleh 172 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Aksi ini selanjutnya akan berlangsung setiap pekan selama 3 bulan kedepan dan tidak menutup kemungkinan jumlah KPM tersebut akan bertambah. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button