Bengkulu

Wagub Rosjonsyah: Program Bangga Kencana dan Akselerasi Penurunan Stunting Perlu Dikawal

Bengkulu, BeritaNasional.id – Wakil Gubernur (Wagub) Rosjonsyah menyampaikan bahwa program bangga kencana dan akselerasi penurunan stunting perlu dikawal secara khusus demi pemerintahan yang berorientasi hasil.

Hal ini ditegas Wagub Rosjonsyah saat menghadiri acara Program Bangga Kencana Penurunan Stunting Kabupaten Seluma pada Rabu, 16/11/2022.

Ketua TPPS Provinsi Bengkulu ini menghimbau, dalam rangka menurunkan angka prevalensi stunting di Provinsi Bengkulu, khusunya di Kabupaten Seluma semua stakeholder yang terlibat untuk melakukan upaya konvergensi.

“Untuk diketahui bersama angka prevalensi stunting di provinsi Bengkulu saat ini di angka 22,1 persen dan kabupaten Seluma 24,7 persen maka kita perlu kerja sama dalam menurukan angka prevalensi stunting. Target penurunan stunting provinsi Bengkulu tahun 2024 adalah 12,55 persen,” tegasnya.

Lanjut Wagub, kabupaten Seluma adalah salah satu kabupaten yang dietapkan menjadi lokus stunting mulai dari tahun 2018. Berdasarkan data SSGI, stunting kabupaten Seluma masih dalam kategori tinggi.

Selain itu, Rosjonsyah juga mengapresiasi kinerja Pemda kabupaten Seluma di mana angka stunting di Kabupaten Seluma yang semula 40 persen pada tahun 2021 menurun menjadi 24,7 persen pada bulan September-Oktober di 69 Desa dan kelurahan.

“Saya harapkan, angka penurunan stunting akan terus membaik dan mencapai target setiap tahunnya. Target penurunan angka stunting di Kabupaten Seluma tahun 2024 yaitu 13 persen,” pungkas Rosjonsyah.

Untuk diketahui, dari hasil pendataan EPPGBM (Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat) di bulan Agustus ditemukan data sebagai berikut; balita stunting 560 balita (4,2%), balita wasting 191 (1,44%), dan balita underweight 433 (3,24%) dari sasaran balita sebanyak 13.224 balita.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button