Headline

Ratusan Kades Serta Anggota Polri dan TNI di Gorontalo Ikut Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Ratusan Kepala Desa/Lurah serta anggota Polri dan TNI yang merupakan Babinkamtibmas dan Babinsa se-Provinsi Gorontalo mengikuti Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan yang disampaikan langsung oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gorontalo, Arif Budiman, disela-sela kegiatan Apel 3 Pilar yang berlangsung di Ballroom Grand Sumber Ria Kota Gorontalo, Kamis (9/3/2023).

Kepada awak media, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gorontalo Arif Budiman Arif Budiman mengungkapkan bahwa Sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberi kan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya perlindungan sosial melalui BPJS Ketenagakerjaan. Dengan keterlibatan para Kepala Desa/Lurah serta Babinkamtibmas dan Babinsa diharapkan informasi ini bisa tersampaikan ke seluruh masyarakat utamanya pekerja,”ungkap Arif saat diwawancarai usai kegiatan.

Dalam sosialisasi itu, Arif menjelaskan bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, merupakan lembaga yang memiliki wewenang serta kewajiban untuk memberikan jaminan sosial kepada seluruh tenaga kerja di Indonesia tanpa terkecuali.

Dikatakan Arif, hal tersebut sebagai salah satu upaya dari pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada segenap tenaga kerja yang juga diatur dalam undang-undang.

Untuk diketahui, BPJS sendiri merupakan transformasi dari lembaga sebelumnya yang dikelola oleh PT Jamsostek. Namun sesuai dengan regulasi UU Nomor 24 Tahun 2011, Jamsostek berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan yang mulai diterapkan pada 1 Januari 2014. Dalam menjalankan fungsinya, prinsip dari BPJS sendiri tidaklah berbeda dengan Jamsostek, yakni melayani asuransi sosial dari para tenaga kerja.

“Pemerintah pun berupaya untuk semakin mengefektifkan peran dari BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri dengan mewajibkan setiap perusahaan untuk mendaftarkan para pekerjanya sebagai peserta lembaga jaminan sosial ini,”ujar Arif.

Selain itu Arif Budiman juga memaparkan berbagai jenis-jenis program pelayanan bagi para pesertanya yaitu Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian,”urainya.

“Untuk itulah dilaksanakan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan ini kepada teman-teman Kades/Lurah, Bhabinkamtibmas dan Babinsa sebagai pembekalan pengetahuan untuk dapat membantu mendukung program pemerintah memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja di Provinsi Gorontalo,”pungkasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button