Jawa TengahRagam

Tetap Produktif Ditengah Pandemi Covid-19 Bagi Pekerja Perantau Yang Terkena PHK 

BeritaNasional.ID, Tegal – Pandemi Covid-19 berdampak besar bagi masyarakat Indonesia. Disamping pada masalah kesehatan, juga sangat berpengaruh terhadap situasi ekonomi masyarakat terutama ditingkat bawah.

Hal tersebut dirasakan beberapa pekerja maupun buruh yang merantau di kota-kota besar, salah satunya Solikhan (37) seorang pekerja pabrik di Tangerang yang menjadi salah satu dari ribuan bahkan jutaan pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat Pandemi Covid-19.

Para pekerja yang mengalami nasib terkena PHK terus berusaha untuk kembali pulih. Seperti Solikhan, dirinya tidak tinggal diam menghadapi situasi tersebut, tetap berupaya untuk memenuhi kebutuhan hidup ditengah situasi sulit.

“Dengan adanya PHK jelas sangat berpengaruh terhadap penghasilan” ujar Solikhan, Jum’at (29/1/2021).

Kini pria asal Desa Pesarean, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah itu beralih profesi sebagai buruh harian lepas bidang logam di tetangganya. Meskipun hasilnya tidak lebih besar dari sebelumnya, namun tetap dijalani sehingga tidak menjadikannya terpuruk.

“Harapan saya mudah-mudahan pandemi covid-19 ini segera berlalu” harapnya.

Selama Covid-19, dirinya tetap berusaha mematuhi protokol kesehatan agar pandemi covid-19 cepat berlalu, ditengah perjalanan gencarnya pemerintah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yaitu Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir dan Menjaga jarak serta mendukung juga program Vaksinasi Covid-19.*

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button