Metro

Bangun Sinergitas, BLH-PP Parepare dan Camat Bacukiki Monitoring Kondisi Hulu Daerah Aliran Sungai dan Penanaman Pohon

Beritanasional.id, Parepare – Minggu 22 Agustus 2020 Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemuda Pancasila Kota Parepare kembali melakukan upaya pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kota Parepare dengan mengajak Camat Bacukiki, guna melakukan Monitoring kondisi DAS sekaligus melakukan Penanaman pohon dibantaran sungai.

Monitoring kondisi DAS secara langsung ini sangat perlu dilakukan karena potensi Bencana banjir disetiap daerah sangat memungkinkan untuk terjadi. perlu kesiap siagaan daerah, dalam melakukan pemulihan DAS mulai dari Hulu sungai sampai ke Hilir. Salah satu yang bisa dilakukan adalah membebaskan kembali fungsi Sungai dan ruang terbuka hijau di sekitar bantaran sungai untuk tidak dilakukan kegiatan Pengerukan, produksi, perkebunan, Pemukiman , dll yang dapat merusak Kondisi Bantaran DAS. “Sekertaris BLH-PP (Andi Rifaldy Wijaya)”

Amri Kalbu selaku ketua BLH-PP Kota Parepare, “juga menyampaikan Kondisi DAS yang berada di Hulu kota Parepare ini perlu penjagaan ketat dari aparat terkait terkhusus Pemerintah Kota Parepare untuk melakukan penyelamatan DAS yang berada di Hulu Parepare karena, kami menemukan banyaknya pembukaan lahan disekitar Bantaran Sungai yang sangat berdampak memungkinkan terjadinya pendangkalan sungai dan daya serap/penyangga sumber kebutuhan air yang sangat minim sehingga dalam menghadapi musim kemarau nantinya akan berdampak juga kemasyarakat kota Parepare”.

“Kami juga ingin menyampaikan Persoalan DAS ini agar mendapatkan atensi khusus yang berkesinambungan agar kota Parepare mampu menciptakan kondisi DAS yang betul-betul mampu memberikan manfaat bagi ekosistem perairan. Pemerintah Parepare harus mampu melakukan tindakan yang nyata terkait dengan persoalan DAS ini dengan melakukan sinergisitas dari seluruh elemen Instansi/lembaga/pemerhati sungai untuk bersama-sama menangani hal tersebut. ucapan terimakasih kepada camat Bacukiki kota Parepare yang meluangkan waktunya untuk bersama BLH PP untuk melakukan kunjungan langsung ke bantaran sungai daerah hulu kota Parepare.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button