DaerahJawa TimurPolitikRagam

Bawaslu Bondowoso Lantik Ratusan Pengawas Kelurahan dan Desa

BeritaNasional.id – BONDOWOSO JAWA TIMUR, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bondowoso melantik 219 Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) dan memberikan pembekalan terhadap PKD, Senin (6/2/2023).

Pelantikan yang berlangsung di Aula Grand Padis ini, dilakukan oleh Ketua Bawaslu dan disaksikan oleh Komisioner Banwaslu, KPU, Ketua DPRD H. Ahmad Dhafir, Kapolres AKBP Wimboko, SIK, Asisten 1 Mahfud Djunaedi dan Kepala Dispenduk Capil, H. Agung Tri Hamdono, SH.

Ketua Banwaslu, Ahmad Bashori, mengatakan bahwa, dalam satu desa atau kelurahan ditempatkan 1 PKD. Mereka akan bertugas menjaga dan mengawasi pelaksanaan peserta Pemilu 2024 mendatang di masing-masing desa atau kelurahan.

“Pelaksanaan Pemilu serentak akan diselenggarakan pada tahun 2024. Saya instruksikan kepada PKD yang baru dilantik agar sering-sering melakukan koordinasi dengan Panwascam dan Kepala Desa dan atau Kepala Kelurahan,” pesan Ahmad Bashori.

Lebih lanjut, Ahmad Bashori mengatakan bahwa, pihaknya menitipkan PKD kepada Kades dan Kepala Kelurahan, karena pusat kegiatan PKD berada di kantor desa dan kelurahan. “PKD ini juga bertugas mengawasi PPS. Upayakan ruang PKD tidak kumpul dengan PPS,” ujarnya.

Dilain pihak, Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Arifin melalui Asisten 1, Mahfud Djunaedi, mengatakan, pihaknya yakin bahwa momentum ini merupakan bagian dari upaya memperkokoh pelaksanaan Pemilu. Laksanakan Pemilu sesuai azas Pemilu, Langsung, umum, bebas, dan rahasia (Luber), serta jujur dan adil (Jurdil).

“Setelah selesai pembekalan, hendaknya PKD segera melakukan tugas dan kewenangannya, dalam menyukseskan Pemilu yang Luber. Tugas PKD sangat strategis, artinya anggota PKD memiliki peran yang penting dalam setiap tahapan Pemilu,” jelas Asisten 1.

Mahfud Djunaedi berharap, PKD memahami tugas wewenang, dan kewajiban serta memiliki karakter dan jati diri sebagai pengawas yang mampu menjaga integritas, bertanggung jawab, dan kode etik.

“Semoga tugas yang saudara emban dapat membawa berkah dan manfaat bagi bangsa. Sukses Pemilu berkualitas, tergantung cara bekerja PKD dalam melakukan pengawasan,” pungkas Mahfud Djunaedi.

Pewarta           :Samsul Arifin

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button