NasionalPemkab WajoSidrap

Dihadapan Wapres RI, Sekkab Sidrap Sudirman Bungi Jadi Narasumber Rakornas Pengawasan Internal Pemerintah

BeritaNasional. ID Jakarta, — Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2019, berlangsung Kamis 21 Maret 2019, di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Rakornas dibuka Wakil Presiden RI, H M Yusuf Kalla didampingi Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Ardan Adi Permana. Jusuf Kalla sekaligus menjadi keynote speech.

Sekitar 1.200 peserta mengikuti rakornas tersebut. Terdiri Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) kementerian, lembaga, dan pemda sebanyak 628 orang, perwakilan BPKP 89 orang, Aliansi Auditor Internal Indonesia 11 orang, sekretaris jenderal kementerian dan lembaga, sekretaris provinsi, kabupaten dan kota terpilih sebanyak 481 orang.


Patut menjadi membanggakan bagi masyarakat Kab. Sidrap khususnya dan masyarakat sulsel pada pada umumnya, pasalnya dalam rakornas pengawasan internal Pemerintah, Sekretaris Kabupaten Sidrap Sudirman Bungi didaulat dan dipercaya sebagai narasumber.

Sudirman Bungi membawakan materinya dalam sesi diskusi panel bersama Narasumber lain yaitu ; Sekjen Kementerian Luar Negeri, Mayoritas, Irjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ilyas Asaad dan Wakil Gubernur NTB, Siti Rohmi.

Diskusi panel tersebut dimoderatori Direktur TVRI Helmi Yahya.

Sebelumnya pada sesi pertama, selaku Narasumber yaitu Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Menteri Kominfo Rudiantara, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Tumpak Haposan Simanjuntak, Staf Ahli Menpan RB Hendro Wicaksono dan Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Diani Sadiawati.

Terpilihnya Kabupaten Sidrap sebagai Narasumber dalam acara tersebut tidak terlepas keberhasilan APIP Kabupaten Sidrap meraih Level 3 kapasitas APIP 2019. Dari 668 APIP  di seluruh Indonesia, baru 3  APIP daerah yang mencapai level tersebut.

Sudirman Bungi sendiri memaparkan materi dengan topik “Strategi dan Inovasi dalam Implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Penguatan Peran APIP dalam Membangun Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik dan Bersih.

Sekkab Sidrap Sudirman Bungi yang didampingi Kadis Kominfo Sidrap, H Kandacong Mappile dan Auditor Inspektorat Kasriah Sanusi memaparkan, keberhasilan APIP Sidrap didukung komitmen Pimpinan Daerah dan Program-program Inovasi seperti “Bilik Sipakainge” dan Penerapan Aplikasi Berbasis Online.

“Terpenting, apa yang diraih APIP Sidenreng Rappang Sidrap tidak lepas dari bimbingan BPKP. Ibaratnya, rezeki anak saleh, Kami senantiasa menindak lanjuti arahan dan petunjuk BPKP,” ungkap Sudirman Bungi.

(Risal Bakri).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button