BondowosoDaerahJawa Timur

Dinsos P3AKB Bondowoso Pastikan Pendataan Penerima BLT DBHCHT Seusai Regulasi

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Hj. Anisatul Hamidah, MSi, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Bondowoso, memastikan bahwa data penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau) sudah melalui Verifikasi Vaktual (Verval)

“Atas nama Dinsos P3AKB kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas masukan dan saran dari DPRD Kabupaten Bondowoso terkait dengan penyaluran BLT DBHCHT,” jelasnya, Rabu 1/11/2023.

Hal itu disampaikan Anis, sapaannya, terkait warning yang disampaikan H.Tohari, S.Ag, Ketua Fraksi PKB mengenai pendataaan penerima BLT DBHCHT.

Dikatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bondowoso dalam melakukan pendataan berpedoman pada Permenkeu RI No. 3/PMK.07/2023 tentang Rincian DBHCHT menurut Daerah/Prov/Kab/Kota tahun 2023, Permenkeu RI No. 215/PMK.07/2021 tentang Penggunaan, Pemantauan dan Evaluasi DBHCHT dan SE. Gub. Jatim No. 050/18.329/2022, tanggal 14 September 2022, perihal : Pedoman Pelaksanaan Pemberian BLT yang bersumber DBHCHT

“Sasaran penerima BLT adalah buruh tani tembakau dan/atau buruh pabrik rokok, buruh pabrik rokok yang terkena PHK dan masyarakat lainnya yang masuk dalam data pensasaran kemiskinan ekstrim dan atau masuk DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial),” tegasnya.

Menurutnya, Pemkab Bondowoso telah berkomitmen untuk melakukan penanganan Kemiskinan Ekstrim (KE) sesuai arahan presiden bahwa tahun 2024 penanganan KE diharapkan dapat tuntas.

“Data buruh pabrik rokok berasal dari perusahan rokok atau tembakau. Data perusahaan rokok tembakau berasal dari DPMPTSP,” ungkapnya. Anis menyampaikan bahwa, seluruh data penerima diverifikasi, mulai dari pemadanan NIK/Adminduk, Verval sesuai data KE dan DTKS serta melibatkan OPD terkait yakni DMPPTSP, Dinas Pertanian, dan Dinas Ketahanan Pangan.

“Sekali lagi, kami mengucapkan terimakasih atas masukan DPRD dan juga dari teman-teman media,” imbuhnya. Diharapkan semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat miskin.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button