SulawesiSulbar

Disperindagkop Bersama Polres Polman Tinjau Harga Pasar Minyak Goreng

BeritaNasional.ID.Polman Sulbar —  Menindaklanjuti Instruksi Polri dan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (RI) melalui Video Conferencecam (Vicon) kemarin (15/3). Kepolisian Resor Polman (Polres Polman) bekerjasama Dinas Perindagkop Polman sinergi turun ke pasar lakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Sentral Pekkabata Kecamatan Polewali, Rabu (16/3/2022).

Pelaksanaan Pemantauan Disperindag Kabupaten Polman bersama Tim Pengendalian dan Inflasi Daerah (TPID), dan Tim dari Polres Polman menyambangi toko – toko di pasar sentral Pekkabat guna memantau langsung dan memonitoring penjualan minyak goreng di pasaran . Rabu 16 Maret.

Disela-sela pemantauan Kepala Disperindag Andi Chandra mengatakan, operasi ini dalam rangka pengawasan minyak goreng di pasaran. Selain itu Tim Gabungan juga mempertanyakan Sumber minyak yang diperoleh penjual.

“Kita berupaya bagaimana cara bisa stabilkan harga, Kami laksanakan operasi ini juga untuk mencari tahu dimana buntunya ini, karna harga minyak goreng masih mahal di pasaran” ucap Chandra.

Lanjut Chandra menambahkan Disperindag dan Polres Polman berencana membuat himbauan kepada para pedagang untuk tidak membeli minyak dari Distributor, agen maupun penyalur diatas harga HET.

Ditempat yang sama Kasat Samapta Polres Polman AKP Haris Yajji mengatakan tujuan kegiatan hari ini tidak lain mengecek kelangkaan minyak goreng dan kestabilan harga.

“Kita telah mengecek beberapa toko dan menemukan kelangkaan minyak goreng berada pada kestabilan harga karena masih banyak yang menjual diatas harga eceran karena yang membawa barang ke daerah ini pedagang-pedagang dadakan,” ungkap AKP Haris.

Jadi harga mahal itu lantaran barang yang diambil pedagang memang diatas harga eceran. Sehingga, para pedagang juga menjual agak mahal.

Adapun bentuk Pengawasan yang dilakukan pihak Polres Polman antara lain tidak ada lagi penimbunan, jika ditemukan adanya penimbunan maka akan ada sanksi yang diberikan. Dan sosialisasi.

Salah seorang pedagang Minyak Goreng yang tidak ingin identitasnya disebutkan mengatakan bahwa Sumber minyak yang dijual oleh pedagang di pasar sentral pekkabata berasal dari sub sub distributor.

“Kami, Para pedagang mendapatkan minyak dengan harga tinggi diatas harga HET ( Harga yang ditetapkan Pemerintah ), sehingga kami pun menjualnya diatas dari ketetapan harga”. Ucapnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button