GorontaloHeadline

Fadliyanto Koem : Pengawasan Internal Harus Diperkuat

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem meminta kepada seluruh jajaran KPU baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo untuk memperkuat kebijakan pengawasan internal KPU.

Hal ini ditegaskan Fadliyanto Koem saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan dan Penyusunan Kebijakan Pengawasan di Lingkungan KPU Provinsi Gorontalo dan KPU Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo yang digelar di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Sabtu (24/12/2022).

“Kita memahami sendiri bahwa sukses tahapan harus dibarengi dengan sukses pengelolaan keuangan, sukses penguatan secara internal baik itu etik maupun manajemen keuangan kita,”ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris KPU Provinsi Gorontalo Mukt Mile dalam sambutannya mengatakan bahwa soliditas komisioner dan sekretariat KPU dalam menghadapi seluruh persiapan tahapan Pemilu dan Pemilihan 2024 ibarat seperti dua sisi mata uang yang saling melengkapi.

“Sebagaimana visi Sekretaris Jenderal KPU, Bapak Bernad Dermawan Sutrisno, dalam upaya membangun mindset jajarannya bahwa soliditas itu penting dan berpengaruh pada strategi yang beliau rancang, yaitu exist strategy dan exit strategy, bagaimana Pemilu dan Pemilihan 2024 sukses pada saat dan setelah penyelenggaraan,”terangnya.

Sehingga, lanjut Mukti Mile, harus ada antisipasi jangan sampai kesuksesan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan 2024 tidak dibarengi dengan kesuksesan dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban administrasi keuangan negara.

“Maka dari itu, kebijakan pengendalian dan pengawasan harus disusun dengan pendekatan integral dan holistik,”sambungnya.

Dikatakan, bahwa kegiatan ini akan mengurai bagaimana merumuskan kebijakan pengendalian dan pengawasan yang efektif, untuk mendorong peningkatan kinerja dan mewujudkan transparansi, keandalan pelaporan keuangan, akuntabilitas kinerja, pengamanan aset negara, serta ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Maka dari itu, saya berharap kepada seluruh peserta agar kiranya dapat memanfaatkan kesempatan berharga ini untuk menyerap ilmu yang sebanyak-banyaknya dari narasumber demi meningkatkan kualitas dan efektivitas penyelenggaraan pengawasan dan pengendalian di satuan kerja masing-masing,”pungkasnya.

Selain diikuti oleh seluruh jajaran Komisioner dan Sekretariat KPU Provinsi Gorontalo dan KPU Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo, kegiatan ini turut menghadirkan narasumber yang memiliki kapasitas dan kapabilitas di bidangnya yakni Inspektur Utama Sekretariat Jenderal KPU, Nanang Priyatna, SE, Direskrimum Polda Gorontalo, Kombes Pol Nur Santiko, S.I.K, MH, Jaksa Madya Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Bapak Muh Syukur, SH, MH serta Koordinator Pengawasan Bidang Investasi, Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo, Muksin. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button