ACEH

Gampong Mane Tunong Aceh Utara Raih Juara III Tk Regional I Lomba Desa Nasional

BeritaNasional.ID | Aceh Utara –  Gampong Mane Tunong, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh akhirnya berhasil meraih juara III Tk Regional I dalam Lomba Desa Nasional, Tahun 2023.

Adapun pengumuman para juara diumumkan langsung oleh Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Selasa (15/8) malam di Ballroom Discovery Hotel, Ancol, Jakarta.

Acara yang berlangsung cukup meriah itu dirangkai dalam Acara Temu Karya Nasional yang dihadiri dan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri, Prof.Dr.H Muhammad Tito Karnavian, SIp, MSi.

Seusai menyerahkan Piala dan penganugerahan penghargaan Desa dan Lurah berprestasi kepada para juara, Menteri Tito dalam pengarahannya meminta agar semua Kades dan Lurah agar terus dapat terus melakukan berbagai inovasi untuk desanya dan untuk masyarakat secara keseluruhan dimasing-masing daerah.

“Kita sangat mengharapkan agar peran desa harus benar-benar menjadi strategis, dalam membangun negeri ini, yang kita mulai dari desa”, tandas Tito Karnavian.

Menurutnya, melalui para Kades dan Lurah teladan tersebut, kita mengharapkan dapat menularkan keteladannya kepada para Kades dan Lurah lainnya, sehingga negeri kita Indonesia akan semakin lebih baik kedepan.

Sebelum Dirjen, Bina Pemerintahan Desa  Kemendagri RI, Eko Prasetyanto Purnomo Putro melaporkan bahwa kegiatan Lomba Desa ini merupakan kegiatan rutin yg dilaksanakan oleh Kemendagri setiap tahun.

Pada acara yang turut dihadiri Gubernur lokasi juara, Bupati dan Camat, serta Kadis PMD Provinsi dan Kabupaten-Kota lokasi juara, Dirjen Bina Pemdes juga menyampaikan apresiasi kepada para Kades dan Lurah berprertasi itu.

“Saudara-saudara harus berbangga karena diantara sekitar 74 ribu kades atau lurah se Indonesia, hanya saudara-saudara yg terpilih yang berprestasi, yaitu 16 Kades dan 15 Lurah Teladan, atau 3 orang di masing-masing Regional,” sebut Eko.

Kepala Desa Mane Tunong, Faisal, ST yang didampingi Istrinya Dewi Fitria yang juga Ketua TP-PKK Desa tersebut, seusai menerima piala penghargaan mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas keberhasilan yang diraih.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat kami, sebab keberhasilan ini merupakan keberhasilan masyarakat kami, dan dukungan dari pimpinan kami juga, mulai dari Camat, Kadis DPM-PPKB Aceh Utara, DPMG Provinsi, Bapak Bupati dan Bapak Gubernur,” ucap Geuchik Faisal.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Utara, Dr Drs Mahyuzar, MSi melalui Kadis DPM-PPKB, Fakhruradhi, SH, MH kepada media ini

Menyampaikan apresiasi kepada Gampong Mane Tunong atas kerja keras, dan berbagai inovasi yang dicetuskan oleh Gampong Mane Tunong sehingga meraih prestasi Juara III Tk Regional. Oleh sebab itu, Kami berharap agar prestasi serupa juga dapat diraih oleh desa-desa lainnya dari Kabupaten Aceh Utara kedepan nantinya.

Pada kesempatan yang sama, Kadis DPMG Provinsi Aceh, Dr. Zulkifli, MSi melalui Kabid Pemerintahan Mukim dan Gampong, Syahyadi, S.Pi, M,Sc,  yang didampingi Kasi Pembinaan  Kapasitas Pemerintahan Mukim Dan Gampong, Jasniwar, S.Sos, mengatakan pihaknya sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh Pemerintah Aceh melalui prestasi Gampong Mane Tunong tersebut.

“Sebab seingat saya dalam sepuluh tahun terakhir, hanya tahun ini Aceh mampu menjadi Juara III. Tapi kita tetap optimis agar kedepan Aceh harus menjadi juara I dalam lomba desa ini,” tandas Syahyadi.

Hadir pada malam penganugerahan penghargaan Desa dan Lurah berprestasi dari Provinsi Aceh, masing-masing Pj Bupati Aceh Utara  Dr Drs Mahyuzar. M.Si yg di wakili oleh Kadis DPMPPKB Aceh Utara, Fakruradhi SH.MH, Kadis DPMG Provinsi Aceh yang diwakili oleh Kabid Pemerintahan Mukim dan Gampong, Syahyadi, SIp, MSc, Camat Muara Batu Munawir.S.STP, M.Si, Kabid Kelembagaan DPM-PPKB, Muhammad Irfan, SSTP, dan Ketua Tuha Peut Mane Tunong, Syeh Razali.(*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button