HeadlineMenuju Pemilu 2024Politik

Hari Ini, KPU Tetapkan DCT Pemilu 2024!

BeritaNasional.ID, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia akan menetapkan Daftar Calon Anggota Legislatif Tetap (DCT) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada hari ini Jumat (3/11/2023).

Sesuai perencanaan, KPU akan menggelar konferensi pers terkait penetapan DCT tersebut di Kantor KPU pada Jumat siang nanti. Sebelumnya KPU telah mengumumkan bahwa ada 9.919 Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPR RI dan 674 bacaleg DPD RI dalam Daftar Calon Sementara (DCS) yang dirilis pada Agustus 2023 lalu.

Seusai pengumuman tersebut, KPU membuka kesempatan bagi publik untuk memberi tanggapan dan masukan terhadap nama-nama bacaleg yang masuk dalam DCS.

Tanggapan dan masukan nama-nama bacaleg DPR RI dapat diajukan ke KPU RI. Sementara itu, laporan terkait nama-nama bacaleg DPRD provinsi dilaporkan ke KPU provinsi. Begitu pula halnya dengan nama-nama bacaleg DPRD kabupaten/kota, dilayangkan ke KPU kabupaten/kota masing-masing. Nantinya, tanggapan dan masukan itu akan diproses, termasuk diteruskan ke partai politik sebagai pihak yang mendaftarkan bacaleg DPR RI dan DPRD provinsi atau kabupaten/kota.

Ketua KPU, Hasyim Asy’ari mengatakan pihaknya sedang menelaah tanggapan dan masyarakat dan selanjutnya akan dikonfrimasi kepada pihak partai politik. “Kami dalam melangkah untuk membaca atau merespons tanggapan dan catatan masukan dari masyarakat akan kami konfirmasi dan klarifikasi pada partai politik,” ujarnya.

Di samping itu, KPU juga akan meminta klarifikasi kepada lembaga-lembaga yang memiliki otoritas terkait masing-masing laporan itu. Adapun, ada 24 partai politik nasional maupun lokal di Aceh yang akan berpartisipasi dalam Pemilu 2024 mendatang.

Adapun partai-partai yang akan berkontestasi secara nasional adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrasi (NasDem), Partai Buruh, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Persatuan Pembangunan (PBB), dan Partai Ummat.

Sedangkan partai lokal Aceh adalah Partai Nangroe Aceh (PNA), Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa (Peureute Gabthat), Partai Darul (PD) Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh, dan Partai Soliditas Independent Rakyat Aceh (SIRA). (Ay/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button