AdvedtorialGorontaloMenuju Pemilu 2024

Jelang Pemilu 2024, Dinas Dukcapil PMD Gorontalo Evaluasi Capaian Perekaman KTP-EL

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dukcapil-PMD) Provinsi Gorontalo menggelar rapat koordinasi (rakor) dan evaluasi kinerja tahun 2023. Rakor yang bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 berlangsung di Rumah Makan Orasawa, Kabupaten Gorontalo, Senin (13/11/2023).

“Rakor ini sangat penting untuk membahas sejauhmana capaian target kinerja dalam satu tahun, termasuk membahas isu-isu penting menyangkut pelayanan kepada masyarakat, serta kesiapan kita dalam mendukung penyelenggaraaan Pemilu 2024,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Dukcapil-PMD Provinsi Gorontalo, Zukri Suratinojo.

Zukri mengungkapkan, terkait perekaman KTP-El yang menjadi tanggung jawab Dukcapil-PMD dalam mendukung Pemilu 2024, hingga saat ini sudah mencapai 99,58 persen. Rinciannya, untuk Kabupaten Gorontalo Utara dan Pohuwato capaiannya sudah 100 persen. Kabupaten Bone Bolango 99,94 persen, Boalemo 99,46 persen, dan Kabupaten Gorontalo 99,40 persen.

“Capaian kita sudah melampaui target nasional yang ditetapkan pemerintah pusat sebesar 99,4 persen. Bagi daerah yang belum memenuhi target masih ada waktu kurang lebih satu setengah bulan untuk menuntaskan target yang belum direkam,” terang Zukri.

Lebih lanjut Zukri menuturkan, Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui APBD tahun 2023 telah mengalokasikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) ke kabupaten/kota untuk pengadaan peralatan perekaman KTP-El. Diharapkan melalui BKK tersebut percepatan perekaman KTP-El dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Rakor dan evaluasi kinerja tahun 2023 turut dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Gorontalo, Rislan Pakaya, serta para Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota. Hadir pula sekretaris, pejabat administrator, fungsional, dan pelaksana Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota. (adv/noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button