BanyuwangiDaerahJawa TimurPendidikan

Kakankemenag Banyuwangi Launching SPLA dan Canangkan Madrasah Menjadi SPRA

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Banyuwangi, Moh. Amak Burhanudin ketika memberikan sambutan dalam pembukaan pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan kemenag menyampaikan, bahwa kegiatan yang berlangsung di aula Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi (Mansawangi) teesebut, selain diikuti jajaran pejabat yang hadir, juga diikuti seluruh ASN secara virtual.

“Ada sebanyak 926 ASN dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi yang mengikuti kegiatan pembinaan ini,” ungkapnya, Minggu (29/5/2022).

Dikatakan Amak, keberadaan ASN dilingkungan Kemenag Kabupaten Banyuwangi sangat solid. Dan hal ini dibuktikan dengan kegiatan vaksin booster yang targetnya 10.000 dapat ditembus hingga 35.000. “Uji soliditas sangat meyakinkan, dan ini sudah kita buktikan,” ujar Kakankemenag asal Kediri ini.

Diakhir kegiatan, diumumkan para pemenang “Video Kreatif Ramadhan”, baik dari madrasah maupun dari jajaran KUA. Video kreatif KUA Kecamatan, Juara Harapan ketiga diraih KUA Kecamatan Cluring, Juara Harapan kedua diraih KUA Kecamatan Kalipuro, dan Juara Harapan pertama diraih KUA Kecamatan Songgon.

Sementara Juara Ketiga diraih KUA Kecamatan Bangorejo, Juara Kedua diraih KUA Kecamatan Rogojampi, dan Juara Pertama diraih KUA Kecamatan Banyuwangi. Untuk Video Kreatif Madrasah, Juara Harapan ketiga digondol MAN 3 Banyuwangi, sedangkan Juara Harapan kedua disabet oleh MTsN 4 Banyuwangi serta Juara Harapan Pertama berhasil diraih MTsN 3 Banyuwangi. Sementara Juara Ketiga adalah MAN 2 Banyuwangi dengan judul Matrix, Juara Keduanya MTsN 11 Banyuwangi dan Juara Pertama MI Darunnajah 2 Banyuwangi.

Terkait dengan perkembangan literasi di MAN 1 Banyuwangi, Abdul Hadi Suwito selaku nahkoda baru berharap semakin banyak guru yang bisa menerbitkan buku. Terlebih dengan adanya komunitas “Lentera Sastra” yang membuat perkembangan literasi dilingkungan Kemenag Banyuwangi semakin pesat.

“Alhamdulillah, guru Bahasa Indonesia di MAN 1 Banyuwangi, Bu Nurul Ludfia Rochmah yang juga Sekretaris Lentera Sastra telah menerbitkan lebih dari 20 buku, ini patut dicontoh oleh guru-guru lainnya,” ujar Hadi Suwito, sapaan akrab mantan Kepala MTsN 4 Banyuwangi ini.

Yang istimewah, pada agenda pembinaan ASN di hari Minggu tersebut juga hadir Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Kadinsos PP dan KB) Henik Setyorini, untuk menyaksikan Launching Satuan Pendidikan Layak Anak (LSPLA) sekaligus pencanangan seluruh madrasah dilingkungan Kemenag Banyuwangi akan menjadi Satuan Pendidikan Ramah Anak (SPRA). (red)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button