AdvedtorialPolitik

Ketua KPU Bone Bolango Tegaskan Pantarlih yang Direkrut Bukan Anggota Parpol

BeritaNasional.ID, GORONTALO — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango Sutenty Lamuhu meminta agar Panitia Pemungutan Suara (PPS) benar – benar memastikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang akan direkrut tidak terlibat dalam keanggotaan partai politik. Penegasan ini disampaikan Sutenty saat memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Pembentukan Pantarlih untuk Pilkada 2024 Kabupaten Bone Bolango yang digelar oleh KPU Kabupaten Bone Bolango di Fox Hotel Kota Gorontalo, Rabu (12/6/2024).

Bukan hanya kepada PPS, Sutenty meminta kepada PPK agar melihat keputusan KPU Nomor 638 tentang pedoman teknis pembentukan atau mekanisme pembentukan Pantarlih bahwa yang harus diperhatikan pada proses rekrutmennya itu adalah memastikan setiap orang yang mendaftar atau yang nanti diseleksi tidak termasuk namanya di dalam keanggotaan partai politik.

“Ini saya kira persyaratan yang menjadi wajib untuk diketahui, bukan hanya kepada PPS tetapi juga kepada teman-teman PPK. Ini harus dilakukan pengecekan baik melalui cek keanggotaan partai politik melalui sipol,” tegasnya.

Baca juga: Pilkada Serentak 2024: KPU Bone Bolango akan Rekrut 465 Pantarlih untuk 294 TPS

Sutenty pun berharap proses perekrutan Pantarlih nanti akan berjalan lancar tanpa menghadapi persoalan yang dapat memicu tanggapan negatif dari berbagai pihak.

“Jangan sampai ada tanggapan atau penerusan lagi dari teman-teman Panwas karena kelalaian dalam melaksanakan rekrutmen Pantarlih. Hal-hal teknis harus dipedomani, dipahami, dan dilaksanakan dengan baik,” tandasnya.

Untuk diketahui, sosialisasi pembentukan Pantarlih ini diikuti oleh seluruh Ketua PPS se Kabupaten Bone Bolango. Turut hadir pula anggota Bawaslu Kabupaten Bone Bolango.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button