DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Musda V, Edy Supriyono Kembali Pimpin Dewan Kesenian Situbondo

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Musyawarah daerah (MUSDA) V Dewan Kesenian Situbondo yang berlangsung di Aula Wisata Karang Kenek, Desa Olean, Kecamatan Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, kembali memilih Edy Supriyono secara aklamasi sebagai Ketua Dewan Kesenian Situbondo (DKS) periode 2022 – 2027, Rabu (7/12/2022). Para peserta yang diikuti praktisi seni dan akademisi seni, perwakilan seni wilayah barat, timur dan tengah Kabupaten Situbondo secara bulat memilih Edy Supriyono untuk kembali memimpin Dewan Kesenian Situbondo lima tahun mendatang.

Dalam sambutan yang disampaikan Edy Supriyono di hadapan peserta Musda V DKS, memaparkan sejumlah program yang telah dilakukan selama masa kepengurusannya. Di antaranya, DKS telah membidani lahirnya tari ikon Kabupaten Situbondo, takni Tari Landhung. “Kita juga telah melakukan penggalian pakaian khas Kabupaten Situbondo, menginisiasi terlaksananya panggung ekspresi kesenian lewat Panggung Seni Terbuka (PST) setiap malam minggu sepanjang tahun. Menggelar Lomba Cipta Lagu Situbondoan (LCLS) sejak 2018 hingga 2021. Memberikan penghargaan kepada seniman-seniman senior yang selama ini dianggap banyak berjasa di bidangnya,” jelas Edy Supriyono.

DKS, sambung Edy, bisa melakukan ini semua karena kekompakan pengurus dan kecintaan terhadap dunia seni dan budaya, termasuk sinergitas yang baik dengan OPD terkait di Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo. “Kekompakan pengurus Dewan Kesenian Situbondo, merupakan salah satu kunci keberhasilan DKS dalam melaksanakan program. Untuk itu, mari kita semakin kompak agar DKS semakin berjaya,” ajak Edy Supriyono.

Pantauan media ini, acara Musda diawali dengan penunjukan Ketua sidang musda, oleh Ketua Panitia. Ketua sidang jatuh pada Marlutfi Yohandi kemudian membahas AD-ART Musda. Acara kemudian berlanjut ke tata cara pemilihan ketua. Ketua sidang menawarkan kepada forum tentang mekanisme pemilihan. Ada cara aklamasi dan melalui vooting. Namun forum memilih cara aklamasi. Dalam Musda ini, masing masing peserta juga menyampaikan alasannya memilih secara aklamasi.

Dalam forum tersebut yang muncul hanya satu nama yakni, Edy Supriyono. “Saya bersedia memimpin kembali DKS periode 2022 – 2027 yang terpenting para seniman harus semakin kompak dalam mendukung program Dewan Kesenian Situbondo. Jika, saya harus berjalan sendirian dan sehebat apapun saya, maka saya tidak akan pernah mampu menakhodai Dewan Kesenian Situbondo,” tegasnya.

Sementara itu, Puguh Wardoyo Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo, ketika membuka Musda V DKS mengatakan, sudah banyak apresiasi yang diberikan kepada DKS, karena selama ini DKS terbukti telah mampu melakukan peran dan fungsinya dengan baik di bidang seni dan budaya. “Posisi DKS sangat strategis. Sebab itulah ke depan kebaradaannya sangat dibutuhkan. Masih banyak pekerjaan yang perlu diselesaikan dan dilanjutkan oleh kepengurusan selanjutnya. DKS harus lebih baik lagi,” jelas Puguh. (Her/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button