Kalimantan Barat

Pasca Pemilu 2024, Polres Sekadau Bersama Brimob Intensifkan Patroli Skala Besar

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Pasca pemungutan dan penghitungan surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Polres Sekadau bersama Brimob Polda Kalbar melaksanakan patroli skala besar Operasi Mantap Brata Kapuas pengamanan Pemilu 2024. Patroli ini bertujuan untuk menciptakan kondisi Kamtibmas yang aman dan damai di wilayah hukum Polres Sekadau.

Menggunakan dua unit kendaraan R4, dari Sat Samapta Polres Sekadau dan Brimob Polda Kalbar. Personel gabungan juga melakukan dialogis dengan masyarakat sebagai Cooling System pasca pemungutan suara di TPS dan menjelang penghitungan di PPK.

Kasat Samapta IPTU Triyono, S.H, bersama Wadanyon C Pelopor Satbrimob Polda Kalbar AKP Sugianto, S.Pd., M.A.P, memimpin patroli skala besar yang dilaksanakan rutin pada pagi, siang dan juga malam hari selama tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

“Bersama personel BKO Brimob, kami melakukan rute patroli di sepanjang jalur protokol di kota Sekadau, menyasar pada kantor penyelenggara pemilu, objek vital dan pemukiman masyarakat,” tuturnya.

IPTU Triyono menyebut, hasil dari patroli skala besar tidak ditemukan potensi gangguan Kamtibmas begitu juga dengan arus lalulintas yang tertib. Namun patroli ini tetap menjadi evaluasi untuk meningkatkan efektivitas Harkamtibmas sejalan dengan program Kapolres Sekadau yaitu Sekadau Aman Sejahtera (SAS).

Sementara itu Kapolres Sekadau AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si, melalui Kasi Humas AKP Agus Junaidi menjelaskan, situasi Kamtibmas pasca pemungutan dan penghitungan suara sampai dengan hari ini secara umum aman dan kondusif. Di Polsek jajaran seluruhnya telah melaksanakan apel konsolidasi.

“Kotak suara telah bergeser ke tingkat PPK, kecuali di Kecamatan Belitang Hilir. Dikarenakan kondisi jalan serta hujan masih ada beberapa kotak suara di PPS dan dijaga ketat oleh TNI-Polri,” ujar AKP Agus, Jumat (16/2/2024).

AKP Agus menjelaskan, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada Rabu (14/2) berlangsung aman dan tertib. Kondisi jalan berlumpur ditambah dengan hujan menjadi penghambat pergeseran kotak suara.

“Petugas pengamanan TNI-Polri dan juga Pamatwil Polres Sekadau, saat ini tengah menjaga kotak suara di kantor PPK. Hal ini dilakukan agar proses penghitungan surat suara di PPK berjalan aman dan tertib,” imbuhnya.

“Kami berharap agar personel TNI-Polri yang mengawal kotak suara di PPS Kecamatan Belitang Hilir dapat melaksanakan tugasnya dengan aman dan kembali dengan selamat,” tukasnya. (Aji/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button