Eks Keresidenan Madiun

Penanaman Perdana Bamboo Eco Park Magetan

BeritaNasional.ID, Magetan, Jatim  – Berlokasi di Lahan Eco Bamboo Park, Minggu (3/9) ini Bupati Magetan, Wakil Bupati Magetan beserta segenap Forkopimda, Akademisi dari UGM, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ada pula seniman / budayawan Butet Kartaredjasa  melakukan penanaman perdana bambu secara serentak.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK RI Tulus Laksono mengatakan  Ide  Kebun Raya Bambu ini merupakan ide internasional. Nanti akan ada 103 spesies bambu yang ditanam di sini. Hal itu akan jadi pembelajaran bagi siswa, tidak hanya belajar lewat youtube,” kata Tulus Laksono,

Tulus menjelaskan dukungan KLHK RI juga karena program Kebun Raya Bambu Magetan sesuai dengan perubahan iklim dan meningkatkan RTH Magetan.

Seniman Butet Kartaredjasa menyampaikan terima kasihnya pada Bupati Magetan Suprawoto yang membuat Kebun Raya Bambu. Menurut bambu  di setiap titiknya memiliki nilai dan manfaat. Bambu memiliki aspek lingkungan, ekonomi, dan seni.

Butet meminta program Kebun Raya Bambu Magetan ini harus dilanjutkan oleh pemimpin Magetan mendatang.

Sementara,  Bupati Magetan Suprawoto menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terwujudnya Kebun Raya Bambu Magetan. Program Kebun Raya Bambu ini karena Magetan ikonnya bambu. Karena untuk memenuhi kekurangan ruang terbuka hijau.

“ Kita lakukan penanaman perdana Eco Bamboo Park,   kedepan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan menjadikan Eco Bamboo Park sebagai Pusat Informasi Bambu Indonesia, karena berbagai jenis bambu akan ditanam , dengan dibantu  tokoh ahli dan pemerhati bambu, yang konsepnya Magetan iconnya bambu, Eco Bamboo Park  juga untuk memenuhi  target luasan RTH yang  masih kecil baik privat maupun public, yang baru 15 %  dari yang ditargetkan. Disamping itu bambu yang merupakan tanaman  paling bagus dalam menyerap Co2 serta menghasilkan  Oksigen yang dapat mengurangi emisi, selain eduwisata tentunya “. tegasnya

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button