Batubara

Perangkat Daerah di Batu Bara Diintruksikan Bayar PBB-P2 Tepat Waktu Upaya Menunjang PAD

BeritaNasional.ID, BATU BARA SUMUT –Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Badan Pendapat Daerah (Bapenda) mengadakan acara Monitoring dan Evaluasi Penilaian PBB-P2 serta rapat Tim Penetapan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), Rabu (05/06/2024).

Untuk menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Seluruh perangkat daerah di Kabupaten Batu Bara, mulai Kepala OPD, Camat, Kepala Desa dan Lurah untuk melakukan pengecekan keseluruh ASN dan non ASN serta perangkat desa untuk memastikan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang menjadi kewajibannya.

“Jika masih ada ASN, non ASN dan perangkat desa yang belum membayar PBB-P2 tahun 2024, berikan teguran secara lisan agar segera melakukan pembayaran,” tegas Nizhamul.

Kepada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Batu Bara, Nizhamul memerintahkan agar melakukan monitoring terhadap pembayaran PBB-P2 dari aparatur pemerintah dan masyarakat Kabupaten Batu Bara, serta berkoordinasi dengan Inspektorat dalam mengevaluasi bagi yang tidak mengindahkan imbauannya.

Hal itu demi menunjang peningkatan PAD dari sektor PBB-P2 Pemkab Batu Bara sehingga diterbitkanlah Surat Edaran Bupati Batu Bara Nomor 900/1.13.1/2658/2024 tentang pembayaran PBB-P2 PNS, P3K, kepala desa, perangkat desa dan tenaga honorer di Lingkungan Pemkab Batu Bara.

Selain itu, dalam rangka pelayanan tertib administrasi, Pemkab Batu Bara juga menerbitkan Surat Edaran Bupati Batu Bara Nomor 900/1.13.1/1610/2024 tentang kewajiban melampirkan bukti lunas pembayaran PBB-P2 dalam setiap pelayanan administrasi di Lingkungan Pemkab Batu Bara.

“Hal ini demi memotivasi dan mendorong kesadaran masyarakat dalam melakukan pembayaran PBB-P2 secara tertib dan tepat waktu,” sebutnya.

Untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pembayaran PBB-P2, PT. Bank Sumur hadir di desa-desa se-Kabupaten Batu Bara dengan produk Sumut Link.

“Saya berharap dengan adanya Sumut Link di desa, masyarakat dalam pembayaran PBB-P2 akan mendapatkan kemudahan dan meningkatkan penerimaan capaian realisasi PBB-P2 di setiap desa,” harap Pj. Nizhamul.

Diakhir acara, Bapenda yang berkolaborasi dengan PT. Bank Sumut memberikan reward capaian realisasi PBB-P2 tahun 2023 kepada 11 perusahaan. 3 diantaranya yakni PT. Inalum, PT. Pelindo dan PT. Muli Nabati Asahan.

Kemudian peringkat 3 pencapaian penerimaan PBB-P2 tingkat kecamatan tahun 2023 yakni Kecamatan Tanjung Tiram, Kecamatan Datuk Tanah Datar dan Kecamatan Sei Balai. Begitu juga dengan peringkat 3 pencapaian penerimaan PBB-,P2 tingkat desa/kelurahan se-Kabupaten Batu Bara tahun 2023. (Fitrah)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button