DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Percobaan Bunuh Diri, Dirawat Intensif di RSUD Besuki Situbondo

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – ZA (80) warga Dusun Janti RT.003 RW.002, Desa Ketah, Kecamatan Suboh, Kabupaten Siubondo, dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besuki, Kabupaten Situbondo, lantaran nekat melakukan percobaan bunuh diri dengan cara mensayat lehernya sendiri, Sabtu (27/8/2022).

Beruntung aksi percobaan bunuh diri menggunakan pisau yang dilakukan ZA di kamar mandi itu, ditemukan oleh anak dan cucunya, sehingga nyawa kakek berinisial ZA masih bisa diselamatkan, setalah menjalani operasi di RSUD Besuki, Kabupaten Situbondo.

Sebelum melakukan percobaan bunuh diri, ZA minta dibelikan bubur kepada anaknya. “Saya kaget, saat hendak ke kamar mandi, melihat bapak sudah berlumuran darah dan langsung dievakuasi ke RSDU Besuki,” kata Kapolsek Suboh Iptu Subaidi, seraya menirukan ucapan yang disampaikan salah seorang anak korban.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan keluarganya, sambung Iptu Subaidi mengatakan bahwa, ZA sering mengatakan ingin mengakhiri hidupnya, dengan alasan agar tidak ngerepoti anak dan cucunya. “Menurut keterangan keluarganya, kakek ZA putus asa karena penyakit komplikasi asma dan prostat yang dideritanya tidak kunjung sembuh,” jelas Kapolsek Suboh.

Sementara itu, keterangan yang disampaikan dr. Lilis Susana, dokter spesialis bedah umum di RSUD Besuki mengatakan bahwa, pasien berinisial ZA datang ke ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumas Sakit Umum Daerah (RSUD) Besuki, Kabupaten Situbondo dengan luka sayat di leher cukup parah.

“Dari hasil pemeriksaan di IGD RSUD Besuki, ZA mengalami kebocoran pada saluran nafas. Kemudian, kita langsung melakukan tindakan operasi untuk menutup kebocoran saluran nafas pasien ZA dengan cara di jahit,” jelas dr. Lilis.

Lebih lanjut, dokter spesialis bedah umum di RSUD Besuki ini menjelaskan bahwa, kondisi saat ini pasien dalam kondisi stabil, namun masih perlu dilakukan pemantauan secara ketat oleh tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah, Besuki. “Luka sayat pada pasien ZA, kurang lebih berukuran 4X5 centimeter dan mendapat 21 jahitan,” pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button