BondowosoDaerahJawa Timur

Sepuluh Ha Hutan Di Kawah Wurung Bondowoso Terbakar

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Kebakaran hutan terjadi lagi. Kali ini menimpa hutan di destinasi wisata kawah Wurung. Persisnya di blok kawah wurung petak 91D RPH Blawan BKPH Sukosari KPH Bondowoso.

Informasi tersebut disampaikan Yulianto, Humas Perhutani pada Berita Nasional.ID, Kamis, 31/8 2023. TKP masuk dalam wilayah administratif pemerintahan Desa Kalianyar Kecamatan Sempol.

“Hutan yang ditumbuhi alang-alang dan semak belukar berada di
titik koordinat -8.3’40.85028′ S
Alhamdulillah kondisi hutan sudah dapat dipadamkan,” kata Yulianto.

Kebakaran tersebut, lanjutnya, terjadi pada hari Rabu, 30 Agustus 2023 sekitar am 18.30 WIB. Kebakaran diketahui dari hasil patroli preventif mandor Polter RPH Blawan, Abdul Aziz dan LMDH Gunung Hijau, Di Hajir.

Ditambahkan, sumber api/penyebab kebakaran diduga akibat kelalaian orang yang tidak bertanggung jawab. Luas hutan yang terbakar 10 Ha. Didalamnya ada jenis tanaman/vegetasi dan alang-alang.

Taksiran kerugian akibat kebakaran masih dalam perhitungan. Api sudah padam pada pukul 22.30 WIB. Penanganan Pemadaman api dilakukan pada 30/8/2023 dari jam 18.30 wib hingga 22.30.

“Langkah-langkah penanggulangan yang diambil, petugas melakukan konsolidasi dilapangan. Melakukan koordinasi dengan pihak lain terkait,” jelasnya.
Kemudian, lanjutnya, meminta bantuan dari masyarakat dan LMDH, memberikan laporan lisan kepada pimpinan, membuat ilaran/sekat bakar, dan memadamkan titik api.

Tenaga yang melakukan pemadaman api, dari Polsek Ijen 5 orang, Posramil Ijen 3 orang, BPBD 5 orang, LMDH 3 orang, dan Satpol PP, Damkar dan Penyelamatan. Sedangkan dari Perhutani terdiri dari BKPH Sukosari dan Sumber Wringin 15 orang, Polmob 4 orang, dan Petugas wisata kawah wurung 3 orang
“Peralatan yang digunakan saat memadamkan api adalah Gepyok dan Sabit,” pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button