SUMUT

Walikota Cek Kesiapan Pos Pam Nataru 2022

BeritaNasional.ID, Binjai – Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP bersama Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting SIK SH.MH dan unsur Forkopimda lainnya mengecek kesiapan Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022 (Pos Pam Nataru) di Terminal Angkutan Umum Jalan Ikan Paus, Kec. Binjai Timur, Kamis (22/12/2022). Disana, rombongan juga berkesempatan menyaksikan langsung proses pemeriksaan tes urine oleh petugas kepada para sopir angkutan umum.

Petugas yang terlibat dalam proses pemeriksaan tes urine jelang Nataru ini melibatkan beberapa personel dari kepolisian dan BNN Kota Binjai. Hal ini dilakukan guna memastikan para sopir tidak mengkonsumsi obat terlarang pada saat berkendara.

Pantauan di lokasi, para sopir angkutan itu diminta memberikan sampel urine untuk dicek apakah mengonsumsi narkotika atau tidak. Dari beberapa sopir yang menjalani tes urine, terdapat salah satu sopir yang dinyatakan positif menggunakan narkoba. Dia langsung diserahkan kepada BNN Kota Binjai untuk menjalani proses pemeriksaan.

Selain itu, petugas Dishub yang ikut diturunkan juga tampak sibuk melakukan pengujian kelayakan pada angkutan umum. Mereka mengecek kondisi kendaraan mulai dari ban, rem, hingga kelaikan jalan, agar memastikan keamanan angkutan umum yang digunakan saat Nataru tahun 2022 ini.

Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP berharap dengan adanya kegiatan ini maka dapat mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas dalam rangka menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru sehingga dapat berjalan dengan lancar.

“Di Binjai sendiri sudah ada 7 Pos Lalin yang disiapkan dengan melibatkan 1500 personel gabungan dari TNI-Polri, Dishub dan petugas Yankes serta ambulan,” kata Walikota.

Terakhir Walikota berpesan kepada para sopir agar senantiasa menjauhi narkoba dan hati-hati dalam berkendara. Kemudian tadi petugas dari Dishub juga sudah melakukan uji kelayakan kenderaan.

Sementara itu, Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting SIK SH.MH mengatakan untuk jumlah personil yang dilibatkan dalam pengamanan Nataru ada 700 petugas dari kepolisian ditambah beberapa personil gabungan lainnya baik dari TNI maupun instansi pemerintah lainnya.

“Total keseluruhan ada 1500 personil gabungan yang dilibatkan dalam pengamanan Ops Lilin Toba 2022 ini,” ujarnya.

Kapolres mengatakan kegiatan ini bertujuan agar tidak terjadi fatalitas laka lantas. Kemudian yang kedua adalah dalam rangka mencegah penyebaran endemi Covid-19. Sehingga di Pospam akan ditempatkan petugas Pelayanan Kesehatan untuk vaksinasi.

“Kemudian juga sudah kita sediakan ambulans di di masing-masing pos pengamanan, sehingga apabila ada saudara-saudara kita yang tertimpa kecelakaan lalu lintas ataupun yang membutuhkan pertolongan dapat segera tertolong,” sebutnya. (bay)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button