Ragam

Melalui Jari Lentik Kreatifitas Ipda Cahya, Dapat Bangkitkan Ekonomi Lokal Maupun Nasional

Garut, Beritanasional.ID – Sungguh tidak di duga adanya sebuah kreatifitas sosok seorang Anggota Polres Garut, Polda Jabar ini. Ipda Cahya Priatna, SE yang menjabat sebagai PLH Kepala Seksi ( Kasi ) Humas di Polres Garut, melalui tangan lentik dan ditambah dengan Kesenangannya yang begitu istimewa. Dalam waktu senggangnya, bukan sebagai pekerjaan utama.

Karena pada setiap orang memiliki keahlian dan hobi yang disenangi, baik itu bidang seni, olah raga, ilmu pengetahuan dan lain-lain. Seperti halnya apa yang telah ditekuni dan dilakukan oleh seorang personil Polres Garut yaitu Ipda Cahya Priatna, SE,. yang menjabat sebagai PLH Kasi humas, di dalam waktu atau kesempatan diluar tugas. Dia sangatlah terampil menggeluti hobi unik serta menarik dan ini mungkin bisa membantu untuk memulihkan ekonomi lokal maupun Nasional, Adapun keterampilan Ipda Cahya yaitu, merangkai kawat menjadi sebuah perhiasan atau Kadena sebuah sesoris yang memiliki nilai seni tinggi, ‘Wire Jewerly’.

Sedangkan adapun bahan yang digunakan dalam membuat perhiasan, ini adalah kawat yang berbahan dasar tembaga yang pada umumnya sering digunakan untuk dinamo. Namun di bawah tangan terampilnya dan lentik jari PLH Kasi Humas Polres Garut bernama Ipda Cahya, kawat tersebut dapat berubah bentuk menjadi karya seni yang indah, sangat elok dipandang serta bisa dipakai sehari-hari.

Disisi lain, hasil karya dari bahan dasar berupa kawat tembaga ini bisa menjadi aksesoris terutama untuk perempuan, berupa; bros, kalung atau liontin, cincin, gelang yang dapat dipadukan dengan batu mulia.

Bahkan menurut Ipda Cahya Priatna sendiri, ia menggeluti hobi ini sudah berjalan sekitar 11 tahun, dari tahun 2011 akhir hingga sekarang. Namun dari sepanjang perjalan apa yang dia tekuni tersebut, dirinya sering mengikuti pameran-pameran. Dari mulai tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional yang mewakili Dekranasda atau Indag Kabupaten Garut, ujarnya. Sabtu,( 09/7).

Dalam menjalani hobi uniknya tersebut. Ipda Cahya sering berbagi pengalaman, teknik atau cara membuat perhiasan dari kawat, baik kepada komunitas, anak-anak sekolah, dan ibu-ibu yang memiliki usaha atau yang berminat di dalam bidang kerajinan.

“Saya sendiri juga sering memberi peluang juga kesempatan kepada siapapun yang berminat  membuat perhiasan dari kawat, bisa belajar bersama disela-sela waktu luang atau diwaktu senggangnya,” terang Cahya.

Dikatakannya, hasil dari sebuah karyanya yang mayoritas terinspirasi dari berbagai budaya daerah yang ada di Indonesia, dapat dilihat di akun media sosial facebook maupun di Instagram @Cahya Priatna. Coba lihat disitu ada hasil karya saya, katanya.

Memang benar, Karya-karya hasil jari lentik perhiasan kawat Ipda Cahya tersebut, akan bisa membantu memulihkan ekonomi khusunya di Kabupaten Garut dan Umumnya di tingkat Nasional. Karena dalam ke ikut sertakan dari berbagai pameran, ini sebagai bentuk ekonomi yang sangat kreatif.

“Untuk pembuatan perhiasan ini di samping peralatan yang digunakan mudah didapat dan mudah digunakan yaitu berupa tang kawat, juga bahan bakunya banyak di toko-toko elektronik terutama kawat tembaga,” imbuh Ipda Cahya.

Lanjut Cahya, sedangkan untuk batu mulia asal Garut. Hal itu sudah merupakan ciri khas Garut diantaranya batu pancawarna.

” Saya sendiri memang benar memiliki hobi tersebut. Ya setidaknya, di samping untuk menghilangkan rasa cape dan penat karena rutinitas pekerjaan saja, namun harapan saya sendiri. Apa yang di lakukan ini dapat memberikan manfaat khususnya untuk diri saya sendiri atau keluarga, setidaknya dapat memberikan ilmu keterampilan dari sebuah kerajinan tangan ini untuk yang lain. Semoga saja bisa bermanfaat bagi semua lingkungan dan masyarakat yang ada di Kabupaten Garut” pungkas Ipda Cahya.
( Diky )
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button