DaerahJawa TimurSitubondo

Liga Perkutut Indonesia Seri Ke VII Bupati Cup Situbondo Diikuti Paserta Dari Berbagai Daerah di Indonesia

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Situbondo melaksanakan Liga Perkutut Indonesia (LPI) Seri Ke VII Bupati Cup Situbondo, Sabtu (19/8/2023).

Liga Perkutut Indonesia yang berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu, tanggal 19 hingga 20 Agustus 2023 bertempat di Lapangan Bataan, Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo ini diikuti dari berbagai daerah di Jawa Timur dan berbagai daerah di Indonesia.

Hadir dalam acara ini Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi MM; Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj. Khoirani beserta K.H. Muhaimin Bin Abdul Rozak; Jajaran Forkopimda Situbondo; Sekretaris Daerah Wawan Setiawan; Para Asisten Setdakab Situbondo dan Staf Ahli Bupati; Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo; Forkopimka Panarukan; Ketua Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia (P3SI) Pusat, Mayjen TNI (Purn) H. Zainuri Hasyim; Ketua P3SI Pengurus Wilayah Jawa Timur, H. Gunawan; Ketua P3SI Pengurus Daerah Situbondo, Basuki.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi dalam sambutannya mengatakan, dalam lomba Burung Perkutut ini total ada lima katagori kelas yang dilombakan. Untuk hari ini kelas piyek bebas, usia 4 bulan hingga 1 tahun ada 252 burung; kelas piyek yunior, usia 4 hingga 1 tahun ada 252; dan kelas hanging, usia 2 hingga 4 bulan ada 168 burung.

“Kemudian katagori kelas yang dilombakan pada hari Minggu, tanggal 20 Agustus 2023. Yakni kelas dewasa bebas, usia 1 tahun atau lebih ada 210 burung; kelas dewasa yunior, usia 1 tahun atau lebih ada 210 burung. Sehingga ada ratusan penggemar burung perkutut Se-Indonesia yang mengikuti LPI Seri Ke VII Bupati Cup Situbondo,” jelas Bupati Situbondo yang akrab di sapa Bung Karna.

Lebih lanjut, Bung Karna mengatakan, LPI Bupati Cup Situbondo ini merupakan salah satu event tahunan yang digelar Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo. “Dengan adanya event LPI Seri Ke VII Bupati Cup Situbondo ini, saya optimis dan yakin semakin banyak orang luar daerah yang berkunjung ke Kabupaten Situbondo,” tuturnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Bupati Karna, namun dia menegaskan bahwa, LPI Bupati Cup Situbondo sudah menjadi agenda rutin tahunan Pemkab Situbondo. “Harapan kami ada Festival Perkutut Indonesia yang dilaksanakan di Kabupaten Situbondo. Oleh karena itu, kami juga berharap kepada panitia event ini agar semakin ditingkatkan dan masyarakat luar daerah bisa tahu kalau di Kabupaten Situbondo ada agenda rutin Festival Perkutut Indonesia,” harapnya.

Dilain pihak, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Situbondo, Achmad Junaidi mengatakan, dalam penjurian dilaksanakan selama empat babak. Masing-masing babak dilakukan penilaian kurang lebih selama 40 menit. “Tropi kejuaraan kelas piyek bebas 1 sampai dengan 25; kelas piyek yunior 1 sampai dengan 35; serta kelas hangin 1 sampai dengan 35,” tuturnya.

Selanjutnya, Achmad Junaidi, kelas dewasa yunior 1 sampai dengan 25; dan kelas dewasa senior 1 sampai dengan 25. Sedangkan, tema LPI Seri Ke VII Bupati Cup Situbondo tahun ini yaitu “Perebutan Piala Bergilir Bupati Cup Situbondo dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Situbondo ke-205 dan HUT Kemerdekaan RI ke-78 Tahun”.

Tujuan dalam lomba burung perkutut ini, sambung Achmad Junaidi, yaitu untuk membangun persatuan dan kesatuan sesama komunitas atau penggemar burung perkutut, membangun silahturahmi antara komunitas atau penggemar burung perkutut, memberikan kesempatan dan fasilitas kepada para komunitas pecinta burung perkutut untuk menguji kualitas dan melatih mental burung perkututnya dalam bentuk konkurs.

“Namun dilakukan penilaian oleh juri kepada burung-burung perkutut yang suara merdu dan lain sebagainya dan diberikan hadiah serta diberikan penghargaan. Kami berharap seluruh penghobi burung perkutut puas dengan pelayanan panitia Liga Perkutut Indonesia (LPI) Seri Ke VII Bupati Cup Situbondo,” harapnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button